Advertisement

DLH Gencarkan Penyiraman Tanaman untuk Merawat Ruang Terbuka Hijau

Catur Dwi Janati
Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
DLH Gencarkan Penyiraman Tanaman untuk Merawat Ruang Terbuka Hijau Penyiraman tanaman / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman tetap berupaya merawat tanaman di taman maupun ruang terbuka hijau (RTH) selama musim kemarau. Puluhan tangki air digelontorkan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan air RTH.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau DLH Sleman, Junaidi mengungkapkan sejauh ini tidak ada kerusakan yang terjadi pada tanaman di Sleman sebagai dampak musim kemarau. Kerusakan berhasil ditekan dengan penyiraman rutin. "Tanaman di sejumlah taman dan RTH masih hijau," kata Junaidi saat dikonfirmasi, Kamis (19/10/2023).

Advertisement

Menurutnya, ada 140 titik taman yang harus disirami. Penyiraman dilakukan sehari dua kali, pagi dan sore. Di musim kemarau, tim DLH harus mencari sumber air yang bisa digunakan untuk penyiraman taman. Sumber air dipilih yang tidak mengganggu saluran irigasi pertanian.

Biasanya, sumber air seperti dari selokan dapat digunakan untuk penyiraman. Namun beberapa sungai yang digunakan untuk sumber penyiraman kini kering. "Kami harus mencari air dari sungai atau selokan yang masih ada airnya untuk penyirman," katanya.

BACA JUGA: Musim Kemarau 10 Kapanewon di Bantul Dilanda Kekeringan, Ini Daftarnya

Setiap hari ada enam truk tangki yang berkeliling untuk menyiram tanaman di RTH. Masing-masing truk tangki bisa bolak-balik mengisi air enam hingga tujuh kali untuk mencukupi pasokan air taman. Praktis, setiap harinya ada lebih dari 30 tangki air yang dibutuhkan DLH Sleman untuk menyirami RTH.

Penyiraman akan dihentikan saat hujan mulai turun. Di musim hujan, penyiraman hanya dilakukan di bawah Fly Over Jombor dan Janti lantaran tidak terkena air hujan. Normalnya, penyiraman RTH dihentikan pada Oktober. Namun karena pekan ketiga Oktober ini belum turun hujan, penyiraman masih terus dilakukan. “Penyiraman dilakukan semata-mata untuk melindungi RTH yang ada di Sleman agar tanaman tetap hijau," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement