Advertisement

Pameran Keris di Gilangharjo Edukasi Masyarakat Lestarikan Budaya

Ujang Hasanudin
Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pameran Keris di Gilangharjo Edukasi Masyarakat Lestarikan Budaya Pameran keris di Balai Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul dari Jumat (20/10/2023) sampai Minggu (22/10/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan pedagang dan kolektor keris dari Pulau Jawa mengikuti pameran keris di Balai Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Bantul. Acara yang berlangsung selama tiga hari dari Jumat (20/10/2023) hingga Minggu (22/10/2023) tersebut untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya melestarikan budaya bangsa.

Pameran keris di Gilangharjo ini dibuka oleh GPBH Prabukusumo dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Nugroho Eko Setyanto, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon (Forkompinkap) Pandak, serta anggota DPRD Bantul.

Advertisement

Lurah Gilangharjo, Pardiyono mengatakan selain pameran keris, juga dilakukan sarasehan tentang keris dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga budaya bangsa. Menurutnya keris merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan.

“Salah satu menjaga dan melestariakn keris ya dengan bursa, pameran dan sarasehan ini. Harapannya masyarakat dapat memahami rahasia-rahasia dan keindahan dalam keris sehingga memiliki rasa memiliki,” katanya

Ada sekitar 58 pebursa keris yang ikut dalam pameran atau bursa keris tersebut yang berasal dari DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masing-masing membawa keris dan koleksinya. Tiga empu atau pembuat keris asal Kalurahan Gilangharjo juga turut serta dalam pameran tersebut.

Keris-keris yang dipamerkan ada keris buatan baru hingga koleksi keris kuno. Bentuknya juga bervariasi, bahkan ada yang bergambar tokoh pewayangan. Masyarakat juga dapat bertanya-tanya tentang sejarah keris, pembuatan, hingga cara perawatan keris.

Pardiyono berujar adanya empu keris di Gilangharjo tidak lepas dari sejarah pandai besi yang sudah turun temurun. “Dari perajin pandai besi kemudian ada pelatihan akhirnya muncul empu-empu atau pembuat bilah keris atau duwung di Gilangharjo,” ucapnya.

BACA JUGA: Menengok Perjalanan Banyusumurup Sebagai Kampung Keris di DIY

Anggota DPRD Bantul, Eko Sutrisno Aji berharap adanya empu keris di Gilangharjo dapat melengkapi Kalurahan Gilangharjo sebagai kalurahan pelestari budaya. Gilangharjo sebelumnya sudah memiliki sentra pandai besi, perajin batik, perajin alat musik kendang, dan pembuat gerobak sapi.

Keberadaan empu keris di Gilangharjo selain dapat melestarikan budaya juga dapat menjadi potensi ekonomi. “Tentunya ini menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat Gilangharjo dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Gilangharjo yang telah memiliki empu dengan karya yang bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Bokir, 60, salah satu pebursa keris mengatakan dalam pameran keris di Gilangharjo ia membawa sekitar 20an keris berbagai jenis. Untuk harga yang dibandrol mulai dari Rp5 jutaan sampai Rp25 juta. Keris yang dijualnya ada yang dari masa Majapahit dan ada juga yang dari masa Sultan Agung sehingga harga yang ditawarkan juga menyesuaikan tahun pembuatan, sejarah, dan ukiran.

“Selain penjual saya ini kolektor keris sejak tahun 1970an,” ucapnya.  Bokir merupakan pria asal Banyusumurup. Banyusumurup merupakan kampung keris yang berada di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri. “Saya dulu belajar buat keris dari Kraton. Kakek dan ayah saya dulu juga kolektor keris,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement