Advertisement

KPU Gunungkidul Pastikan Keamanan Logistik Pemilu dari Ancaman Kerusakan

David Kurniawan
Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
KPU Gunungkidul Pastikan Keamanan Logistik Pemilu dari Ancaman Kerusakan Sejumlah pekerja sedang menurunkan bilik suara untuk disimpan di Gudang milik KPU Gunungkidul. Foto diambil Jumat (27/10/2023) Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Logistik untuk penyelenggaraan pemilu di Gunungkidul sudah mulai dikirim sejak Jumat (27/10/2023). KPU pun memastikan lokasi penyimpanan aman dan potensi kerusakan dapat ditekan.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik, Sekretariat KPU Gunungkidul, Harry Prasetiyo mengatakan, di tahap pertama sudah menerima logistik pemilu berupa bilik suara sebanyak 10.836 lembar.

Advertisement

BACA JUGA: KPU DIY Lakukan Berbagai Pendekatan untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kebutuhan ini disesuaikan dengan jumlah TPS yang tersebar di 2.709 titik di seluruh Gunungkidul. “Masing-masing TPS membutuhkan empat bilik suara dan pengiriman sudah dilakukan Jumat [27/10/2023],” kata Tiyo kepada wartawan, Minggu (29/10/2023).

Menurut dia, bilik suara yang datang langsung disimpan di Gudang di Kantor KPU Gunungkidul. Di awal November ini rencananya datang kiriman lain berupa kotak suara dari pabrik yang jadi rekanan.

“Selain Gudang di KPU. Kami juga menyiapkan Gudang penyimpanan lain di Kapanewon Playen dan Semanu. Jadi, untuk tempat penyimpanan tidak ada masalah,” katanya.

Adapun pengamanan logistic yang terkirim juga tidak ada masalah. Pasalnya, sejak satu minggu lalu sudah ada tim dari personel Polres Gunungkidul yang berjaga di KPU Gunungkidul.

“Kami juga memasang CCTV untuk memudahkan dalam pengawasan,” ungkapnya.

Untuk mengurangi potensi kerusakan juga sudah dilaksanakan antisipasi. Sebelum bilik suara datang di Gudang penyimpanan KPU juga disemprot dengan cairan anti jamur.

“Pada saat penyimpanan juga dilapisi dengan kayu palet dan plastic sehingga unit tidak langsung menyentuh ke lantai,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kondisi Gudang, Tiyo mengakui kondisinya masih bagus dan aman dari potensi kebocoran pada saat musim hujan. “Sudah dicek dan tidak ada atap yang bocor sehingga lokasi penyimpanan dipastikan aman,” imbuh dia.

BACA JUGA: Menteri Spanyol Ajak Uni Eropa Jatuhkan Sanksi kepada Israel

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri menyatakan kesiapannya untuk pengamanan pelaksanaan pemilu. Komitmen ini sudah terlihat dilaksanakannya simulasi pengamanan serta apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata yang dilaksanakan di Lapangan Ksatriyan pada 7 Oktober 2023 lalu.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan pemilu berlangsung selama 222 hari. Pengamanan dimulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

“Diharapkan semua pihak berpartisipasi dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Edy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement