Advertisement

Figur Inspirasi Lokal 2023 Digulirkan untuk Pemberdayaan Masyarakat

Sunartono
Rabu, 01 November 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Figur Inspirasi Lokal 2023 Digulirkan untuk Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Figur Inspiratif Lokal 2023 yang digelar secara daring. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Rakyat Indonesia bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh menggulirkan Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) 2023. Program ini menyeleksi figur lokal yang mampu menggerakkan dan memberdayaan masyarakat.

Direktur Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII Arif Wismadi menjelaskan program Figur Inspiratif Lokal merupakan program pemberdayaan berupa pelatihan kepada sosok inspiratif lokal. Syaratnya mereka memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak/pengaruh positif bagi masyarakat lingkungan sekitarnya.

Advertisement

BACA JUGA : Dongkrak Perekonomian UMKM Lokal, Pemkab Gelar Manunggal Fair

“Program ini bertujuan untuk memberdayakan figur-figur inspiratif lokal menjadi pendamping maupun leader pelaku usaha mikro untuk peningkatkan produktivitas dan pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro,” kata Arif dalam rilis yang dikirim Humas UII, Rabu (1/11/2023).

Peserta dalam program FIL ini terdiri dari tokoh masyarakat, Direktur BUMDes/Pengurus BUMDes, Ketua Klaster/Pengurus Klaster usaha/Pelaku UMKM, dan nasabah BRI/Agen Brilink/Mitra UMI. Selain itu, peserta yang mengikuti program FIL memiliki kriteria tersendiri, yaitu memiliki inisiatif murni dan memberikan berdampak positif dalam pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro, mampu menginspirasi pelaku usaha mikro dalam pengembangan usaha, dan memiliki karakter baik dan bebas dari kepentingan politik.

Pelaksanaan Figur Inspiratif Lokal 2023 ini di isi berbagai topik pembekalan daring seperti kepemimpinan kolaboratif, keterampilan, strategi dan praktik komunikasi, konsep & praktik membangun personal branding, kewirausahaan sosial (socio-entrepreneurship) dan pemasaran digital.  Seluruh rangkaian diikuti oleh 300 peserta yang dibagi kedalam 5 batch. Mereka berasal dari berbagai kalangan yang diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan kebermanfaatan luas bagi pemberdayaan usaha mikro di Indonesia.

“Harapannya peserta Figur Inspirasi Lokal dapat menjadi wadah untuk selalu bertumbuh dan memberi makna bagi Indonesia,” katanya.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan sepuluh pertemuan.  Di antaranya pertemuan pertama membahas mengenai kepemimpinan kolaboratif & membangun motivasi terkait bagaimana langkah menjadi seorang pemimpin yang efektif sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan di tengah masyarakat maupun dalam menjalankan usahanya.

BACA JUGA : Bupati Kustini Ajak Masyarakat Gunakan Produk UMKM Lokal untuk Parsel Lebaran

“Lalu pada pertemuan ke delapan, disampaikan mengenai berbagai macam produk pinjaman BRI khususnya mengenai kredit yang dapat diakses UMKM. Setelah itu, pada pertemuan kesembilan disampaikan contoh-contoh nyata kegiatan sociopreneur dalam kehidupan masyarakat yang dapat dikembangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement