Advertisement

Terima Modal Usaha Rp10 Juta dari Pemkab Kulonprogo, 2 Keluarga Transmigran Tiba di Sulawesi

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 03 November 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Terima Modal Usaha Rp10 Juta dari Pemkab Kulonprogo, 2 Keluarga Transmigran Tiba di Sulawesi Transmigrasi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak dua keluarga asal Kulonprogo tiba di lokasi transmigrasi di Permukiman Salulisu, Kawasan Tobadak, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada Selasa (31/10/2023).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo, Nur Wahyudi, mengatakan bahwa dua keluarga tersebut berasal dari Girimulyo dan Kokap. 

Advertisement

“Kedua keluarga tersebut adalah keluarga Ali Zainul Abidin dengan tiga jiwa yang berangkat, berasal dari Girimulyo dan Purgiyanto dengan empat jiwa yang berasal dari Kokap,” kata Nur dihubungi, Jumat (3/11/2023). 

Nur menambahkan pemberangkatan tersebut menyesuaikan dengan alokasi transmigrasi yang didapat Kulonprogo yang memang hanya sebanyak dua KK. Kedua KK tersebut berangkat dari YIA ke Bandara Sultan Hasanuddin Selatan sebelum menuju andara Tampa Padang di Sulawesi Barat. 

Dia menerangkan transmigran tersebut mendapat bantuan sosial senilai Rp10 juta per KK guna modal usaha.

BACA JUGA: Dua Kepala Keluarga dari Kulonprogo Transmigrasi ke Mamuju

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kulonprogo, Heri Widodo mengatakan sebelum mereka berangkat, para transmigran terlebih dahulu mendapat pelatihan di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM), Sleman selama sepekan. “Mereka mendapat bekal seperti pengolahan lahan dan teknik bercocok tanam,” kata Heri. 

Menurut dia, sawit menjadi potensi yang dapat digarap transmigran. Sawit diharapkan menjadi komoditas untuk mendongkrak kesejahteraan transmigran. 

Sebenarnya masyarakat Kulonprogo antusias mengikuti program transmigrasi. Namun pendaftar program tersebut hanya tiga KK pada awalnya. Hal tersebut disebabkan hanya beberapa yang tertarik pergi ke Sulawesi. “Semoga masa depan mereka lebih sejahtera. Apalagi sawit sudah nyata membawa keberhasilan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement