Advertisement

Warga Gunungkidul Diminta Waspadai Potensi Pohon Tumbang di Masa Pancaroba

David Kurniawan
Minggu, 05 November 2023 - 18:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Warga Gunungkidul Diminta Waspadai Potensi Pohon Tumbang di Masa Pancaroba Ilustrasi pohon tumbang. Dok.harjo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—BPBD Gunungkidul mengimbau Masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana pada masa pancaroba. Akhir-akhir ini di sejumlah wilayah di Bumi Handayani mulai diguyur hujan, meksi intensitasnya masih rendah.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan, hujan mulai turun di wilayah Gunungkidul, khususnya di zona utara. Sebagai contoh pada Sabtu (4/11/2023) di Kapanewon Ngawen dan sekitarnya sudah diguyur hujan selama kurang lebih 30 menit.

Advertisement

Meski demikian, ia memastikan, hujan yang turun masih belum merata. Ini lantaran di sisi Selatan masih belum terpantau turun dan baru sebatas mendung yang disertai angin kencang.

“Ini tanda wilayah Gunungkidul memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke penghujan,” kata Purwono kepada wartawan, Minggu (5/11/2023).

BACA JUGA: Gunungkidul Punya 8 Program Pembangunan Infrastruktur Prioritas Senilai Rp37 Miliar, Ini Progresnya

Di kondisi cuaca yang tidak menentu ini, Masyarakat diminta mewaspadai adanya potensi bencana. Ia mengungkapkan, masa pancaroba ditandai dengan embusan angin kencang yang bisa menyebabkan terjadinya pohon tumbang dan lain sebagai.

Oleh karena itu, bahaya ini harus diwaspadai sehingga saat terjadi musibah dampaknya bisa ditekan. Beberapa cara yang bisa dilakukan dengan terus menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan memastikan saluran air lancar.

Selain itu, antisipasi dapat dilakukan dengan memangkas atau memotong dahan dan ranting pohon yang telah rimbun. “Pemangkasan tujuannya untuk mengurangi risiko pohon tumbang,” katanya.

Disinggung mengenai datangnya musim hujan, Purwono mengungakpan berdasarkan prakiraan dari BMKG, awal penghujan tidak bersamaan. Minggu ketiga November hujan diprediksi mulai mengguyur zona utara Gunungkidul.

“Nanti disusul zona Selatan, tengah dan lainnya hingga wilayah Gunungkidul benar-benar memasuki musim hujan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, masa pancaroba dapat menggangu Kesehatan tubuh. Cuaca yang tidak menentu bisa menjadi sumber penyakit sehingga harus diwapadai.

“Kondisi dan daya tahan tubuh bisa menurun sehingga dapat menjadi penyebab terserang penyakit seperti demam, flu dan lain sebagainya,” kata Dewi.

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan terus menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

“Daya tahan tubuh yang kuat, maka tidak mudah terserang penyakit,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puskesmas Dipasangi Internet Starlink, Pembiayaan Pakai Dana Operasional Kesehatan

News
| Senin, 20 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement