Advertisement

Antisipasi Luapan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Akan Periksa Rutin 3 Hari Sekali

Triyo Handoko
Selasa, 07 November 2023 - 16:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Antisipasi Luapan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Akan Periksa Rutin 3 Hari Sekali Petugas membersihkan luapan minyak jelantah yang terjadi di kawasan Tugu Jogja, Selasa (31/10 - 2023). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Luapan minyak di Tugu Jogja pada Senin (6/11/2023) malam tak terprediksi oleh Pemkot akan terjadi. Sebelumnya terjadi luapan minyak pada Selasa (31/11/2023) dan sudah dilakukan pembersihan, tak diprediksi terjadi lagi selang seminggu kemudian.

Selama ini luapan minyak itu diurus oleh UPT Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jogja. “Kami juga kaget kok terjadi lagi, tapi sudah kami kondisikan tadi siang jam 14.00 WIB sudah lancar lagi,” kata Kepala UPT PAL Jogja, Nugroho Indratmoko pada Selasa siang (7/11/2023).

Advertisement

Baca Juga: Luapan Minyak di Tugu Terjadi Lagi, DPUPKP Jogja: Bisa Merusak Sistem Drainase

Nugroho menjelaskan saat pembersihan luapan minyak itu pihaknya menemukan minyak yang sudah mengeras di dalam saluran limbah. “Kami cek tadi ada minyak yang sudah mengeras di dasar saluran limbah, sudah kami angkat, sudah lancar lagi salurannya dan tidak ada minyaknya lagi,” ungkapnya.

Mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali, jelas Nugroho, UPT PAL Jogja akan rutin memeriksa saluran limbah tersebut tiga hari sekali. “Karena bagi kami luar biasa sekali ini, sebelumnya diprediksi tidak terjadi lagi tapi masih terjadi. Maka kedepan selama tiga hari sekali akan kami cek,” terangnya.

Baca Juga: Minyak Tumpah di Sekitar Tugu Jogja Bikin Macet sampai Kecelakaan, Warga: Bukan yang Pertama

Pemeriksaan saluran limbah yang kerap meluapkan minyak ke permukaan jalan di Tugu Jogja itu juga akan dilakukan dengan pembersihan. “Pengecekan tidak hanya dicek, tapi kami akan rutin menggelontorkan air satu truk ke saluran itu agar tidak ada sumbatan minyak lagi. Penggelontoran air ini untuk memastikan tak ada minyak lagi,” jelas Nugroho.

Baca Juga: Pemkot InvestigasiCairan Minyak di Utara Tugu Jogja

Nugroho menyebut penelusuran asal usul minyak di saluran limbah di kawasan Tugu Jogja itu juga sedang dilakukan Satpol PP Jogja. “Satpol PP yang lebih berwenang karena sudah diatur juga dalam perda, kami akan membantu dalam teknis saluran limbah termasuk berkoordinasi dengan pedagang-pedagang disana agar tidak membuang minyak ke saluran limbah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement