Advertisement

Luapan Minyak di Tugu Terjadi Lagi, DPUPKP Jogja: Bisa Merusak Sistem Drainase

Triyo Handoko
Selasa, 07 November 2023 - 15:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Luapan Minyak di Tugu Terjadi Lagi, DPUPKP Jogja: Bisa Merusak Sistem Drainase Petugas membersihkan luapan minyak jelantah yang terjadi di kawasan Tugu Jogja, Selasa (31/10 - 2023). Harian Jogja /Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Luapan minyak di Tugu, tepatnya dari saluran limbah di utara Tugu Jogja terjadi lagi pada Senin malam (6/11/2023) kemarin. Tak hanya mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan, luapan minyak ini berisiko merusak sistem drainase di kawasan Tugu Jogja.

Luapan minyak di Tugu kembali terjadi di depan Kebon Ndalem Café. Selain Senin malam lalu, sebelumnya pada Selasa siang (31/10/2023) minggu lalu juga terjadi. Kondisi luapan minyak dari saluran limbah ke jalanan dapat masuk ke saluran drainase di kawasan Tugu Jogja.

Advertisement

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja menilai terus terulangnya luapan minyak itu sudah masuk ke sistem drainase Tugu Jogja. “Kalau kami lihat sudah masuk saluran drainase berdasarkan foto dan video yang beredar, ini risikonya merusak sistem drainase,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase, Rahmawan Kurniadi pada Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Minyak Tumpah di Sekitar Tugu Jogja Bikin Macet sampai Kecelakaan, Warga: Bukan yang Pertama

Rahmawan menjelaskan dampak langsung masuknya minyak ke saluran drainase memang hanya menghambat air masuk. “Jangka pendeknya hanya kecil, tapi jangka panjangnya bisa besar yaitu rusaknya sistem drainase di Tugu Jogja. Sehingga efek dominonya bisa menyebabkan genangan air bahkan banjir di sana,” terangnya.

Sebabnya, minyak yang masuk saluran drainase akan mengendap dan menyebabkan air hujan yang masuk ke drainase tidak terserap ke tanah. “Selain itu secara jangka menengah akan mengurangi kapasitas saluran drainase dalam menampung air hujan, efek lainnya drainase mudah meluap kalau hujan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Investigasi Cairan Minyak di Utara Tugu Jogja

Sistem drainase di kawasan Tugu Jogja, jelas Rahmawan, dibagi dalam dua saluran. Saluran pertama diarahkan ke timur yang muaranya Sungai Code, saluran kedua diarahkan ke barat yang muaranya Sungai Winongo. “Selama ini sistem drainase di Tugu Jogja bagus, meskipun hujan deras beberapa tahun terakhir tidak ada genangangan karena kapasitas dan sistemnya memenuhi itu, kalau ada luapan minyak ini bisa mengganggu kedepan,” jelasnya.

Baca Juga: Minyak Jelantah Ternyata Bisa Datangkan Keuntungan Melimpah

Rahmawan menegaskan saluran limbah tidak boleh dicampur dengan saluran drainase. “Tapi kenyataanya terutama di kawasan permukiman di Jogja ini banyak yang dicampur begitu, misalnya saluran drainase jadi pembuangan saluran kamar mandi masyarakat. Kalau begitu, ada deterjen, sabun, dan macem-macem itu masuk drainase dan berpotensi merusak sistem drainasenya juga,” tuturnya.

DPUPKP sudah melakukan langkah penanggulangan pencampuran saluran drainase dan limbah. “Kami melakukan pemotongan saluran pada akhirnya, karena itu juga sebenarnya bisa ditindak Satpol PP ada larangannya,” katanya.

Mengantisipasi musim penghujan yang akan tiba, lanjut Rahmawan, DPUPKP mengimbau masyarakat luas untuk tidak mencampur drainase dan limbah. “Kami juga mengimbau untuk masyarakat membersihkan saluran drainase yang ada. Kami sendiri sudah melakukan pelumpuran dan pembangunan sumur resapan untuk mengantisipasi genangan dan banjir,” tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Kritisi RUU Penyiaran, Utamanya Larangan Jurnalisme Investigasi

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement