Advertisement

Inovasi Gatra Matra Jogja Sabet Penghargaan Bhumandala Award 2023

Alfi Annisa Karin
Rabu, 08 November 2023 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Inovasi Gatra Matra Jogja Sabet Penghargaan Bhumandala Award 2023 Pemkot Jogja menerima penghargaan Bhumandala Award 2023 di Bali, Senin (6/11) - Istimewa / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu inovasi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Pertaru) Kota Jogja baru saja menyabet penghargaan Bhumandala Award 2023. Inovasi itu adalah Gapura Aksesibilitas Terintegrasi Pemanfataan Tata Ruang Kota Jogja atau Gatra Matra Jogja. Penghargaan ini diserahkan kepada Pemkot Jogja di Bali pada Senin lalu (6/11).

Kepala Dinas Pertaru Kota Jogja Wahyu Handoyo menuturkan Gatra Matra Jogja menggabungkan antara peta dan data menjadi sebuah sistem. Terpetakan mulai dari kemantren, kelurahan, RT, RW, hingga jalan sudah terdigitalisasi. Selanjutnya ini menjadi sumber informasi berkaitan dengan tata ruang yang ada di Kota Jogja dan bisa diakses oleh masyarakat.

Advertisement

Beberapa informasi di dalamnya di antaranya terkait dengan tata ruang yang dimanfaatkan untuk permukiman, pedagang dan jasa, sarana pelayanan umum, dan sebagainya. Selain itu, ada juga informasi lainnya seperti ketinggian bangunan, koefisien dasar bangunan, koefisien lantai bangunan, hingga koefisien dasar hijau.

Wahyu mengatakan, sebelumnya masyarakat akses informasi hanya bisa dilakukan secara formal melalui perizinan online. Namun, dengan adanya inovasi ini masyarakat tidak perlu melewati jalur prosedural.

"(Membantu) ketika kemanfaatannya itu disegerakan. Sebelum melakukan perencanaan konstruksi (masyarakat) hanya ingin sekedar mengetahui dulu tanpa melalui prosedur yang rumit bisa langsung diakses," ujar Wahyu saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Rabu (8/11).

Melalui inovasi Gatra Matra Jogja, diharapkan dapat mempercepat masyarakat dalam mengakses informasi. Sekaligus bisa membuat masyarakat lebih familiar terhadap Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Perwal Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

"Sehingga yang dibutuhkan masyarakat bisa tersaji dengan mudah, bisa merencanakan, bisa untuk investasi ataupun apraisal," katanya.

BACA JUGA: Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023: Pemkot Jogja Andalkan Aplikasi JSS

Meski masyarakat bisa mengakses sejumlah informasi melalui Gatra Matra Jogja, tetapi ada beberapa informasi yang tak bisa disajikan. Salah satunya terkait dengan kepemilikan lahan. Menurut Wahyu, ini karena kepemilikan lahan merupaka kewenangan BPN.

"Masih informasi tertentu yang bisa dikeluarkan. Itu (kepemilikan lahan) kewenangan di BPN. Ada batasan infornasi yang bisa dikeluarkan," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut inovasi ini merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, sudah sepatutnya masyarakat merasakan kemudahan dalam mengakses informasi yang transparan dan akuntabel.

"Terbukanya akses informasi mengenai ketentian tata ruang akan berdampak pada meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai pemanfaatan tata ruang sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement