Advertisement

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023: Pemkot Jogja Andalkan Aplikasi JSS

Jumali
Kamis, 06 Juli 2023 - 15:47 WIB
Jumali
Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023: Pemkot Jogja Andalkan Aplikasi JSS Aplikasi JSS - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan mengandalkan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) sebagai inovasi pelayanan publik yang diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang digelar oleh Kementerian PANRB.

BACA JUGA: Ingin Tahu Jumlah Tagihan Pajak? Lewat Aplikasi JSS Saja

Advertisement

Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengatakan JSS sebagai aplikasi pelayanan publik terintegrasi terus bertransformasi sejak tahun 2018 hingga sekarang, yang telah menyediakan lebih dari 200 layanan. Saat ini, aplikasi ini terus mengalami transformasi.

"Hingga sampai saat ini dalam bentuk aplikasi versi 5, telah menyediakan 299 layanan publik terintegrasi, yang dapat diakses masyarakat luas,” katanya saat memaparkan aplikasi JSS pada Tim Penilai KIPP 2023 Kementerian PANRB, secara daring, Kamis (6/7/2023) di Ruang Yudistira Balaikota.

Signifikansi kehadiran aplikasi JSS dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan layanan berbasis elektronik, sehingga terwujud budaya kerja berbasis elektronik antara yang melayani dan dilayani, dengan lebih efektif dan efisien.

“Hal signifikan dengan kehadiran aplikasi JSS, juga terkait partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aduan, masukan atau saran yang menjadi kumpulan data bagi Pemkot melalui tiap Perangkat Daerah, untuk tindaklanjuti baik itu yang harus segera dilakukan, maupun akan menjadi dasar dalam pembuatan rencana pembangunan daerah,” lanjutnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja, Ignatius Trihastono menambahkan, inovasi Pemkot melalui aplikasi JSS adalah bagaimana bisa memberikan kebermanfaatan secara langsung kepada masyarakat.

“Selain layanan publik yang bersifat administratif, dalam aplikasi JSS juga tersedia layanan kegawatdaruratan seperti kebutuhan ambulans dan lainnya, juga fasilitas pulik lain seperti free hotspot dan pantauan CCTV berbasis wilayah," katanya.

"Aplikasi JSS akan terus dikembangkan hingga menjadi super aps untuk mengintegrasikan layanan yang semakin efektif dan efisien,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement