Advertisement

Diduga Berselingkuh sekaligus Tilep Uang Pajak, Kepala Dusun di Gunungkidul Didemo Warga

David Kurniawan
Selasa, 14 November 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Diduga Berselingkuh sekaligus Tilep Uang Pajak, Kepala Dusun di Gunungkidul Didemo Warga Warga menyampaikan tuntutan agar Dukuh Seneng mundur dari jabatannya di Balai Kalurahan Siraman, Selasa (14/11/2023). - Istimewa/Warga Siraman

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Puluhan warga di Padukuhan Seneng, Siraman, Wonosari menggelar demo di Balai Kalurahan Siraman, Selasa (14/11/2023) siang. Aksi itu mereka lakukan karena geram atas perilaku Kepala Dusun Supriyadi yang diduga mengemplang uang pajak dan juga berselingkuh.

Tuntutan yang disuarakan meminta agar Kepala Dusun Supriyadi mundur sebagai pamong di Kalurahan Seneng. Sebelum digelar audiensi dengan Lurah Siraman, Damiyo, massa sempat berorasi tentang tuntutan mundur ini.

Advertisement

Perwakilan Warga Seneng, Nurkolis Suaidi mengatakan, warga sudah sepakat untuk meminta Kepala Dusun Seneng mundur. Ada beberapa alasan yang mendasari tuntutan warga.

Alasan menuntut mundur karena ada dugaan yang bersangkutan menggelapkan uang Pajak Bumi dan Bangunan. Dia menilai, tuduhan ini sudah dilengkapi dengan bukti-bukti dari dinas yang menangani masalah pajak di Gunungkidul.

“Ada juga dugaan memanipulasi uang proyek, khususnya menyangkut upah tukang proyek pembangunan jembatan yang tidak sesuai dengan bukti penerimaan,” kata Nurkolis kepada wartawan, Selasa siang.

Selain itu, juga ada kecurigaan tidak transparan dalam pengelolaan keuangan dana dari masyarakat. Salah satunya untuk kegiatan Tradisi Midang yang berlangsung 19 Juli 2023 lalu. “Tidak ada transparansinya. Sebab dia [Kepala Dusun Seneng] menerima iuran warga sebesar Rp1,7 juuta. Sedangkan dari kalurahan mengalokasikan Rp7 juta, serta juga ada sumbangan dari pihak lain.

BACA JUGA: Pembangunan Jalan Imogiri-Dodogan Disetop Sementara, Warga Demo

“Ulah dari Dukuh [Kepala Dusun Seneng] ini membuat warga geram dan menuntut mundur,” katanya.

Dugaan Berselingkuh

Kegeraman warga semakin menjadi karena juga ada dugaan perselingkuhan. Nurkolis mengatakan kasus ini tidak hanya sekali karena di 2012 silam yang bersangkutan juga pernah tersandung masalah yang sama. “Dulu janjinya tidak akan berselingkuh lagi. Tetapi, sekarang melakukannnya lagi sehingga menimbulkan keributan di keluarga yang terlibat,” katanya.

Aksi tuntutan warga sudah disampaikan ke Lurah Siraman, Damiyo. Massa meminta dalam kurun waktu satu minggu sudah mengundurkan diri. “Kalau belum, kami siap menghadirkan massa yang lebih besar lagi,” katanya.

Lurah Damiyo mengatakan, sudah menerima aspirasi dari warga Padukuhan Seneng. Ia berjanji segera membentuk tim guna menindaklanjuti bukti-bukti pelanggaran yang disodorkan warga. “Tentunya akan kami tindaklanjuti. Salah satunya melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement