Advertisement

Kronologi Suami Tusuk Perut Istri di Karangmojo, Gunungkidul: Berawal dari Cinta Mati dan Permintaan Cerai

David Kurniawan
Kamis, 23 November 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Kronologi Suami Tusuk Perut Istri di Karangmojo, Gunungkidul: Berawal dari Cinta Mati dan Permintaan Cerai Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga di Pedukuhan Grogol 2, Bejiharjo, Karangmojo dihebohkan adanya cekcok pasangan suami istri yang berujung terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Selasa (21/11/2023). Kasus ini sekarang ditangani oleh tim dari Polres Gunungkidul.

Dukuh Grogol 2, Tugiyanto mengatakan meski sering bolak balik ke Bejiharjo, namun pasutri ini menetap tinggal di Kota Jogja. “Kejadiannya Selasa sore. Kemungkinan penyebab cekcok karena masalah keluarga,” kata Tugiyanto kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, dalam peristiwa ini, sang istri berinsial TS mengalami luka tusuk di bagian tangan kanan dan perut. Pelaku penusukan tak lain adalah suaminya sendiri berinsial R. “Peristiwa penusukan ini membuat heboh warga. Sebab, korban berteriak minta tolong hingga akhirnya warga berdatangan untuk kemudian membawa ke rumah sakit,” katanya.

BACA JUGA : Tak Profesional Layani Aduan Warga Korban KDRT, 2 Anggota Polisi Disanksi Mutasi

Peristiwa tidak berhenti pada penusukan. Pasalnya, R juga dilarikan ke rumah sakit karena kedapatan menenggak racun pembasmi serangga.

“Kemungkinan panik dan takut hingga akhirnya melakukan aksi nekat ini,” katanya.

Meski demikian, Tugiyanto mengakui belum mengetahui kondisi terkini pasutri ini. “Yang jelas sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Untuk perkembangan belum mendapatkan informasi terbaru,” katanya.

Pasca-kejadian ada petugas dari Polsek Karangmojo yang mendatangi lokasi kejadian. “Pak Polisi sudah ke lokasi kejadian untuk pemeriksaan,” katanya.

Kapolsek Karangmojo, Komisaris Polisi Agus Sunarno menyatakan  kasus ditangani langsung oleh petugas dari Polres Gunungkidul. “Ditangani oleh Polres dan perkembangan informasi terkini bisa dicek ke sana [Polres Gunungkidul],” katanya.

Kronologi Kasus

Kasus itu diketahui  bermula adanya keretakan dalam rumah tangga yang berujung permintaan bercerai oleh korban TS yang berstatus sebagai istri sah dari R. Namun demikian, R menolak permintaan tersebut. R sempat berujar lebih baik mati bersama ketimbang bercerai.

Ibu dari R, yang enggan disebutkan nama maupun inisialnya mengatakan, anak dan menantunya ada masalah dalam rumah tangga. Beberapa kali TS, meminta bercerai, namun tidak ditanggapi anaknya.

BACA JUGA : Cerita RK, Perempuan Asal Kulonprogo Menjadi Korban KDRT Suaminya Selama Belasan Tahun

“Beberapa bulan ini anak saya R tinggal di Grogol 2. Sedangkan TS berada di Kota Jogja,” katanya kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Keretakan hubungan rumah tangga ini memuncak pada Selasa (21/11/2023) sore. Sebelum kejadian, TS dijemput dan dibawa pulang ke Padukuhan Grogol 2.

Sesampai di rumah, keduanya langsung masuk kamar hingga akhirnya terjadi cekcok yang berujung penusukan terhadap TS. “Saya sempat mendengar ada keributan dari kamar,” katanya.

Tak berselang lama dari kasus penusukan, R akhirnya berbuat nekat dengan meminum obat pembasmi serangga. Sama seperti sang istri, pelaku juga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

“Sebelum peristiwa ini terjadi, R sempat menulis surat permintaan maaf ke orang tua dan ingin agar masalah yang dihadapi bisa berakhir dengan baik,” katanya.

Disinggung mengenai kondisi R, ia mengakui kondisinya sudah membaik, meski masih dirawat di RSUD Wonosari. Adapun TS sudah dipindah ke rumah sakit di Kota Jogja dengan tujuan lebih dekat ke keluarganya. “Kondisinya juga sudah membaik,” katanya.

BACA JUGA : Seorang Dokter Jadi Korban KDRT Justru Ditahan Kejaksaan, Kok Bisa?

Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto mengatakan, kasus KDRT yang berujung pada upaya bunuh diri di Padukuhan Grogol 2, Bejiharjo masih dalam penyelidikan. “Untuk motif belum diketahui karena korban dan pelaku belum bisa dimintai keterangan. Guna penyelesaian kasus, tim dari Reskrim juga sudah mendatangi TKP,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement