Advertisement

Terbaru! Seluruh JJLS di Gunungkidul Telah Tersambung, Tak Ada Lagi Penutupan

David Kurniawan
Selasa, 28 November 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Terbaru! Seluruh JJLS di Gunungkidul Telah Tersambung, Tak Ada Lagi Penutupan Sebuah truk melintas di JJLS di ruas yang berada di Kalurahan Tileng, Girisubo. foto diambil 21 Oktober 2023. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) ruas Tepus-Jerukwudel, Girisubo sepanjang 10,9 kilometer bisa selesai tepat waktu. Hal ini tak lepas seluruh jalan baru telah diaspal dan tidak ada lagi penutupan jalan.

Salah seorang warga Jepitu, Handoko mengatakan, senang dengan pembangunan JJLS di wilayahnya. Pasalnya, seluruh ruas jalan sudah dibangun, meski masih ada beberapa titik yang dikerjakan, khususnya menyelesaikan pembuatan saluran drainanse. “Sudah diaspal semua mulai dari Tepus hingga Jerukwudel,” kata Handoko, Selasa (28/11/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Investasi Sektor Perhotelan di Area Pantai Selatan Dinilai Cukup Menjanjikan

Dia menjelaskan, dengan selesainya pengaspalan maka tidak ada lagi jalur yang ditutup sehingga seluruh kendaraan bisa melintas. Pasalnya, sebelum ruas jalan jadi sempat ada penutupan di sejumlah titik.

“Sekitar satu minggu lalu sudah dibuka semua. Adapun ruasnya mulai dari Kalurahan Purwodadi hingga Girisubo,” katanya.

Meski sudah selesai ia berharap kepada pengguna jalan tetap berhati-hati. Hal ini tak lepas masih adanya penyelesaian pengerjaan di pinggir-pinggir jalan.

“Jalurnya mulus, tapi tetap harus hati-hati untuk mengurangi risiko kecelakaan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Wasiman, salah seorang warga di Kalurahan Purwodadi, Tepus. Menurut dia, JJLS sudah jadi sehingga seluruh ruas di Gunungkidul sudah benar-benar tersambung mulai dari Kapanewon Girisubo hingga Purwosari.

“Dengar-dengar yang kurang hanya ruas mulai dari Tepus hingga Jerukwudel. Maka dengan diaspalnya ruas itu [Tepus-Jerukwudel] maka JJLS di Gunungkidul sudah benar-benar tersambung,” katanya.

Dia berharap dengan selesainya pembangunan JJLS maka bisa memacu pertumbuhan ekonomi sehingga dapat berdampak terhadap kesejahteraan Masyarakat sekitar. “Yang paling jelas, aksesnya jadi semakin mudah. Tapi, harapannya perekonomian warga juga ikut terangkat dengan adanya JJLS,” kata Wasiman.

BACA JUGA : Sudah Diaspal, Kini JJLS Pansela Gunungkidul Sudah Tersambung

Asisten Pelaksana Satker PJN, Wahyu Widyantoro belum bisa dikonfirmasi berkaitan dengan perkembangan ruas Tepus-Jerukwudel karena saat dihubungi belum memberikan tanggapan. Meski demikian, di kesempatan sebelumnya ia  mengatakan, perkembangan pembangunan JJLS segmen Tepus-Jerukwudel sepanjang 10,9 kilometer berjalan dengan baik. Ia  optimistis pengerjaan bisa selesai tepat waktu di akhir tahun.

“Terus kami awasi agar pengerjaan sesuai dengan perencanaan yang disusun. Kami yakin bisa selesai tepat waktu dan dengan selesainya pengerjaan di ruas Tepus-Jerukwudel, maka JJLS di Gunungkidul sudah benar-benar tersambung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement