Advertisement

Tahun Ini ada Penambahan Ratusan LPJU yang Dipasang di Jalan Gunungkidul

David Kurniawan
Selasa, 28 November 2023 - 13:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tahun Ini ada Penambahan Ratusan LPJU yang Dipasang di Jalan Gunungkidul Penerangan Jalan Umum / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan Gunungkidul mengklaim ada ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang dipasang di tahun ini. Pemasangan ada yang dilakukan oleh Pemkab, Pemerintah DIY, Kementerian ESDM hingga Kementerian Perhubungan.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Ely Siswanta mengatakan upaya penambahan LPJU terus dilakukan setiap tahunnya. Didalam prosesnya pemasangan tidak hanya dilakukan oleh Pemkab, ada juga bantuan dari pihak lain.

Advertisement

Baca Juga: Dishub Siagakan Tim Hadapi Potensi LPJU Bermasalah di Musim Penghujan

Sebagai contoh di tahun ini ada bantuan dari Kementerian ESDM untuk LPJU Tenaga Surya sebanyak 135 titik. Bantuan dari Kementerian Perhubungan sekaligus dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta ada 50 unit.

Selain itu, juga ada pemasangan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY juga memasang LPJU di jalan lingkungan di Gunungkidul sebanyak 65 titik. Sedangkan dari Dinas Perhubungan DIY, juga ada bantuan pemasangan sebanyak 30 titik.

“Untuk yang dipasang menggunakan APBD kabupaten sebanyak 22 titik,” katanya Ely kepada Harianjogja.com, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: Warga Keluhkan Jalur Perbatasan Gunungkidul-Klaten Masih Gelap

Menurut dia, total LPJU yang terpasang di tahun ini sekitar 302 titik yang tersebar di seluruh Gunungkidul. Meski demikian, ia mengakui belum semua titik terpasang karena seperti fasilitas yang dibiayai APBD Gunungkidul masih dalam proses pembuatan pondasi untuk tiang LPJU.

“Jadi memang masih proses. Tapi, kami yakin dapat terselesaikan sebelum akhir tahun,” katanya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan ada bantuan 135 LPJU tenaga surya dari Kementerian ESDM. Diharapkan pemasangan ini bisa menerangi jalan-jalan di Gunungkidul, terlebih lagi dengan kondisi wilayah terluas di DIY.

“Saat jalan lebih terang, maka risiko kecelakaan dapat dikurangi. Untuk lokasi yang dipasang, salah satunya berada di Kalurahan Sumbergiri, Ponjong,” kata Heri beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ratusan Lampu Penerangan Jalan Dipasang di Titik Rawan Kulonprogo

Heri berharap program pemasangan LPJU bisa terus dijalankan. Sejumlah objek penting seperti jalur maupun kawasan wisata bisa dipasang fasilitas ini. “Tentunya dengan pemasangan ini dapat dirasakan manfaat yang luar biasa bagi warga maupun pengunjung wisata,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement