Advertisement

Perhatian, Akses Keluar Masuk Penumpang KRL di Stasiun Tugu Jogja Pindah ke Hall Timur

Ujang Hasanudin
Sabtu, 02 Desember 2023 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Perhatian, Akses Keluar Masuk Penumpang KRL di Stasiun Tugu Jogja Pindah ke Hall Timur Akses keluar masuk penumpang KRL di Stasiun Tugu Jogja. - Istimewa / dok KAI Humas Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT.Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Line melakukan uji coba hall baru sisi timur di Stasiun Tugu Jogja sebagai akses keluar masuk baru bagi pengguna Commuter Line. Perpindahan akses keluar masuk Commuter Line ini mulai brlaku per 1 Desember 2023.

"Fasilitas layanan yang sebelumnya ada di sisi selatan, dipindah ke area hall timur, nantinya pengguna Commuter Line Yogyakarta yang akan naik dan turun di Stasiun Yogyakarta bisa menggunakan hall baru ini," kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12/2023)

Advertisement

Dengan dioperasikannya hall stasiun baru di sisi timur ini, nantiya akses masuk-keluar dan ruang tunggu pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) di Stasiun Yogyakarta akan terpisah.

Dengan demikian, kata Anne, konsentrasi kepadatan pengguna yang menunggu keberangkatan kereta di stasiun bisa terbagi.

Lebih lanjut Anne mengatakan pembangunan hall ini sendiri dimulai pada 18 Juli 2023 lalu, dengan luasan area seluas 528,8 meter persegi.

Untuk fasilitas layanan pengguna pada hall timur stasiun, KAI Commuter menyiapkan loket untuk pembelian tiket, sebanyak 15 unit gate eletronik untuk proses tap masuk dan tap keluar, "Sebelumnya di hall Selatan hanya mengoperasikan 8 unit gate eletronik," ujarnya.

Anne mengatakan fasilitas penunjang layanan lainnya juga disiapkan, seperti kursi tunggu, toilet dan mushola sementara serta fasilitas charging booth.

BACA JUGA: Per 1 Desember 2023, Akses Penumpang KA Bandara YIA di Stasiun Tugu Pindah ke Sisi Barat

Untuk kenyamanan pengguna yang menunggu di area hall timur ini, KAI Commuter juga menambahkan 8 unit kipas angin dan videotron sebagai informasi pelayanan.

"Pengoperasian hall timur stasiun ini juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk pengaturan kepadatan dan kenyamanan flow pengguna Commuter Line, seiring peningkatan signifikan pada volume pengguna Commuter Line Yogyakarta yang kerap terjadi pada musim liburan," paparnya.

Tercatat volume pengguna Commuter Line Yogyakarta pada akhir minggu atau hari libur sebanyak 23 - 27 ribu orang per harinya, sedangkan pada hari kerja tercatat sebanyak 14 - 18 ribu orang.

Sementara itu untuk volume pengguna Commuter Line Prameks tercatat sebanyak 2.000 – 3.000 orang per hari pada akhir minggu dan sebanyak 1.500 – 2.300 orang per hari pada hari kerja.

KAI Commuter berharap dengan dilakukan uji coba pengoperasian hall baru iini dapat meningkatkan layanan dan kenyamanan pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta.

KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas stasiun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement