Advertisement

Diskominfo Kulonprogo Integrasikan Sistem Informasi Lalu Lintas Melalui Medsos

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 03 Desember 2023 - 16:47 WIB
Ujang Hasanudin
Diskominfo Kulonprogo Integrasikan Sistem Informasi Lalu Lintas Melalui Medsos Kondisi command center di gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulonprogo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulonprogo akan mengintegrasikan sistem informasi lalu lintas ke Media Sosial Diskominfo. Hal tersebut menjadi salah satu fasilitasi agar wisatawan atau pendatang tidak terjebak arus macet.

Kepala Diskominfo Kulonprogo, Agung Kurniawan mengatakan jajarannya akan mengintegrasikan sistem informasi lalu lintas ke Diskominfo.

Advertisement

"Medsos Diskominfo akan dimaksimalkan untuk libur natal dan tahun baru [nataru]. Jadi sistem informasi lalu lintas di-link-kan ke medsos kami seperti instagram dan facebook. Website juga pasti kami pakai," kata Agung dihubungi, Minggu (03/12/2023).

Agung menambahkan selain memaksimalkan medsos, Diskominfo akan membuka akses untuk masyarakat dapat memantau beberapa ruas jalan di Bumi Binangun lewat CCTV.

"Ada CCTV yang ada dapat diakses publik untuk ruas-ruas jalan via online. Aksesnya lewat aplikasi jendelaKU," katanya.

BACA JUGA: Dishub Bantul Siapkan Konsep Rekayasa Lalu Lintas Jelang Nataru

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Bambang Sutrisno mengatakan jajarannya akan mengefektifkan tim medsos guna monitoring dan evaluasi (monev) kondisi terbaru lalu lintas.

Selain itu, Dishub akan menerjunkan petugas atau relawan di posko nataru yang berada di lokasi-lokasi strategis. Mereka akan menghitung secara manual kendaraan melintas. Dari hasil penghitungan ini, data akan dimasukkan ke sistem informasi lalu lintas.

"Dishub rencana juga akan melakukan penghitungan manual di posko pengendalian lalu lintas di depan kantor Dishub. Persiapan dengan melaksanakan rakor bersama stakeholder," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement