Advertisement

Dishub Bantul Siapkan Konsep Rekayasa Lalu Lintas Jelang Nataru

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 09 November 2023 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Dishub Bantul Siapkan Konsep Rekayasa Lalu Lintas Jelang Nataru Siaga Nataru - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul tengah persiapkan rekayasa arus lalu lintas dan kesiapan armada untuk menyambut puncak arus mudik dan balik selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. 

Diketahui Kemenhub memaparkan prediksi puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023. Sementara puncak arus balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023. 

Advertisement

Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Singgih Riyadi menuturkan pihaknya telah memetakan titik yang diperkirakan akan terjadi kepadatan lalu lintas di Kabupaten Bantul selama Nataru. 

“Kami sudah mempersiapkan konsep pengalihan jalur dan rekayasa lalu lintas, apabila di ruas jalan Kabupaten Bantul terjadi kepadatan lalu lintas. Tetapi kami masih menunggu perkembangan dan koordinasi Dishub se-DIY untuk mengantisipasi Nataru,” katanya melalui telepon, Kamis (9/11/2023). 

Dia pun mengimbau agar pengendara yang akan melakukan mudik ke daerah asal dapat mempersiapkan rute yang akan dilewati menuju daerah asal. 

“Imbauan kami harus dipastikan tujuan dan rute. Apabila ada kesulitan agar berkonsultasi dengan petugas yang ada di lokasi. Kami akan memuat informasi lalu lintas di website Dishub ketika ada pengalihan jalur atau rute, dan kepadatan lalu lintas di jalur tertentu,” katanya. 

BACA JUGA: Arus Mudik dan Balik Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Prediksi Puncaknya

Dia pun mengimbau agar pengendara dapat mempersiapkan kendaraannya sebelum digunakan untuk mudik ke daerah asal, sehingga dapat menjamin keselamatan pemudik. 

“Dipastikan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan dalam kondisi baik. Dipastikan pula kondisi pengendara dalam keadaan sehat,” imbuhnya. 

Sebelumnya Dishub Kabupaten Bantul telah melakukan ramp check pada beberapa PO bus di Kabupaten Bantul. Dari ramp check tersebut, menurut Singgih, kondisi bus yang beroperasi mayoritas dalam kondisi baik. Sementara ada beberapa bus yang perlu dilakukan dilakukan perbaikan. 

Ramp check secara umum kondisinya baik, memang ada satu dua yang perlu dilakukan perbaikan, terutama rem,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement