Advertisement

Kalurahan Tirtohargo Bantul Dikukuhkan sebagai Desa Maritim, Ini Keunggulannya

Lugas Subarkah
Rabu, 06 Desember 2023 - 11:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kalurahan Tirtohargo Bantul Dikukuhkan sebagai Desa Maritim, Ini Keunggulannya Sejumlah perahu wisata berlabuh di muara sungai Opak, beberapa waktu lalu. Lokasi tersebut menjadi salah satu potensi wisata kelautan Kalurahan Tirtohargo. - ist Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kalurahan Tirtohargo ditetapkan sebagai Desa Maritim. Melalui Dana Keistimewaan DIY, Tritohargo diberi kesempatan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membangun sarana-prasarana perikanan dan bahari.

Lurah Tirtohargo, menjelaskan pada2023 ini, Tirtohargo mendapat dana dari Dinas Perikanan dan Kelautan sebesar Rp750 juta, yang digunakan untuk pelatihan para pelaku usaha perikanan dan mengembangkan sarana wisata kelautan.

Advertisement

“Penggunaanya antara lain untuk pelatihan pengolahan ikan lele dan ikan laut, sarpras wisata opak, sarpras wisata kano maritim, sarpras ekowisata mangrove serta launching desa maritim,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA: Terjebak Banjir, Seorang Ibu dan Kedua Anaknya Dievakuasi

Tritohargo terletak di Kapanewon Kretek, berbatasan langsung dengan pantai selatan dan muara sungai Opak. Potensi budidaya ikan dan berbagai wisata Bahari begitu besar yang kini menjadi sumber ekonomi bagi warga.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengatakan pembangunan Desa Maritim mempunyai satu tujuan untuk mengembangkan suatu desa melalui Dana Keistimewaan DIY. “Tirtohargo sebagai Desa Maritim itu tujuannya dengan dana keistimewaan dapat mengembangkan dan memajukan kawasan ini yang imbasnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan Desa Maritim adalah desa di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan pantai, sehingga memiliki potensi yang bisa digali sedemikian rupa. Kunci pengembangannya adalah membangun sinergi yang baik antara pemerintah kalurahan dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Tirtohargo mengalami perkembangan yang signifikan dimana dapat mengelola sebuah kawasan menjadi memberi nilai lebih bagi masyarakat sekitar. Saya mengapresiasi Kalurahan Tirtohargo, untuk usahanya membangun Kalurahan Tirtohargo agar masyarakatnya semakin sejahtera,” paparnya.

BACA JUGA: Viral Copot Stiker Gambar Caleg di Rumah Tanpa Izin, Agos Gemoy Dapat Somasi Bakal Diseret ke Jalur Hukum

Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, mengapresiasi Kalurahan Tirtohargo yang berhasil menjadi Desa Maritim. Menurutnya, Tirtohargo merupakan kalurahan yang komitmen dan konsisten terhadap pengembangan potensi di wilayahnya. “Terbukti saat ini adanya wisata maritimnya, pariwisatanya gencar, serta profit Bumkal [Badan Usaha Milik Kalurahan] sebanyak Rp13,5 juta,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement