Advertisement

Dishub Bantul Lakukan Ramp Check, Ada Bus Izin Trayeknya Kedaluwarsa

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 07 Desember 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Dishub Bantul Lakukan Ramp Check, Ada Bus Izin Trayeknya Kedaluwarsa Dishub Bantul melakukan inspeksi keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) di wilayah Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menjelang libur Natal dan akhir tahun, Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul melakukan inspeksi keselamatan berupa ramp check di beberapa lokasi pada Rabu (6/12/2023). Hasilnya, ditemukan beberapa armada izin operasionalnya telah habis. 

Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Toto Pamudji Rahardjo menyampaikan pihaknya melakukan inspeksi keselamatan terhadap beberapa angkutan pariwisata dan angkutan penumpang atau angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Perusahaan Otobus (PO) Br Queen, PT Astro dan Terminal Imogiri. 

Advertisement

“Dari 10 armada yang kami cek, Kartu Pengawasan [KPS] Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dalam Trayek yang kedaluwarsa ada dua armada. Kemudian yang Izin Trayek tidak sesuai ada satu armada,” katanya, Kamis (7/12/2023). 

Dia mengimbau bagi bus yang KPS Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dalam Trayek telah lewat masa berlaku agar memperbarui perizinannya. Sementara bagi bus yang tidak sesuai trayek agar beroperasi sesuai dengan trayeknya. 

Kendaraan yang tidak sesuai trayek tersebut ditemukan di Terminal Imogiri. Disana dilakukan inspeksi keselamatan terhadap tiga unit bus, dari situ ditemukan satu unit yang tidak sesuai trayek.

Meski begitu, menurut dia, izin operasional lainnya seperti KPS Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dalam Trayek, STNK, dan SIM pengemudi masih berlaku.

“Bagi [armada] yang sudah layak diberikan stiker dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat [Hubdat]. Kami berikan edukasi kepada armada yang dimaksud agar segera menertibkan,” imbuhnya. 

BACA JUGA: Uji Kelayakan Bus, Garasi PO di Sleman Didatangi Petugas, Begini Hasilnya

Dia menyampaikan masyarakat dapat melakukan pengecekan kelengkapan perizinan kendaraan yang akan ditumpangi melalui aplikasi MitraDarat. Dia pun mengimbau agar masyarakat memastikan kelengkapan perizinan armada yang akan dinaiki secara mandiri sebelum melakukan perjalanan. 

“Masyarakat cukup memasukkan No. Pol. bus yang akan digunakan. Perizinannya kelihatan seluruhnya, itu real on time dan update sehingga seluruhnya [perizinan] dapat terlihat,” katanya.

Dia menyampaikan inspeksi keselamatan LLAJ tersebut pun merupakan kerjasama dengan Dishub DIY, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta untuk memastikan keselamatan penumpang dalam menggunakan angkutan pariwisata dan angkutan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement