Advertisement

Pemkab Kulonprogo Kembali Raih Akuntabilitas Kinerja Nilai A

Media Digital
Senin, 11 Desember 2023 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Pemkab Kulonprogo Kembali Raih Akuntabilitas Kinerja Nilai A Pemerintah Kabupaten Kulonprogo untuk ke-6 kalinya di tahun 2023 kembali berhasil mempertahankan predikat nilai A (Memuaskan) pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari hasil penilaian Kementarian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. - ist - Diskominfo Kulonprogo

Advertisement

KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo untuk ke-6 kalinya di tahun 2023 kembali berhasil mempertahankan predikat nilai A (Memuaskan) pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari hasil penilaian Kementarian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas kepada Pj. Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti pada acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI Tahun 2023 di Nusa Dua Convention Center Bali, Rabu (6/12/2023).

Menteri PANRB menyampaikan aspek akuntabilitas pengelolaan program dan kegiatan kemiskinan menjadi fokus utama penilaian SAKIP Tahun 2023. Dari 499 kabupaten/kota yang mengikuti evaluasi diperoleh nilai rata-rata AKIP tahun 2023 sebesar 63,36. Capaian ini dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar 62,34 mengalami peningkatan rata-rata Akuntabilitas Kinerja kabupaten/kota sebesar 1,02 poin.

Advertisement

"Untuk mendorong keberhasilan pengentasan kemiskinan, kami telah menetapkan fokus evaluasi SAKIP Tahun 2023 pada aspek akuntabilitas pengelolaan program dan kegiatan kemiskinan di daerah. Dalam pelaksanaannya kami berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memetakan anggaran kemiskinan dalam SIPD serta mengukur efektivitas anggaran atau cost-effectiveness," ungkap Anas.

BACA JUGA: Dispar Kulonprogo Siapkan Acara Hiburan di 8 Destinasi Selama Libur Nataru

Dikatakan Anas, bahwa memasuki tahun-tahun akhir Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, Kementerian PANRB saat ini tengah menyusun arah kebijakan RB di masa yang akan datang. Ke depan Reformasi Birokrasi akan difokuskan pada transformasi digital untuk mewujudkan digital bureaucracy dengan mengembangkan digital structure, digital culture, dan digital competency.

“Ke depan, kita akan meng-interoperabilitas-kan berbagai layanan, sehingga pelayanan publik dapat diakses melalui Portal Pelayanan Publik secara terpadu dan terintegrasi,” tutur Menteri PANRB.

Menpan RB juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mendapatkan kenaikan predikat AKIP, instansi dengan implementasi RB Tematik terbaik, juga unit kerja yang berhasil meraih WBK/WBBM di tahun 2023. Anas berharap peningkatan kualitas AKIP dan RB serta raihan predikat WBK/WBBM tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu Pj. Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan capaian ini menggambaran kinerja Pemkab Kulonprogo telah mewujudkan pemerintahan dengan baik dan memuaskan selama ini.

Ke depan berharap jajaran Pemkab Kulonprogo untuk terus akan meningkatkan kinerja pemerintahannya dan mampu mengejar Nilai AA  dengan predikat Sangat Memuaskan.

"Perlu effort yang luar biasa, jadi kita jangan puas diri dengan posisi sekarang, kalau bisa ya kita terus tingkatkan sehingga kita bisa mencapai kategori AA tadi," kata Ni Made, seperti dalam keterangan tertulis Senin (11/12/2023). (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement