Advertisement

Kantor Imigrasi Yogyakarta Setor Rp45 Miliar PNBP ke Kas Negara

Ujang Hasanudin
Kamis, 14 Desember 2023 - 17:17 WIB
Ujang Hasanudin
Kantor Imigrasi Yogyakarta Setor Rp45 Miliar PNBP ke Kas Negara Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Najarudin Safaat (tengah) beserta jajarannya saat beraudiensi ke Harian Jogja, Kamis (14/12/2023). - Harian Jogja / Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta tahun ini menyetor penerimaan negara bukan pajak (PNBP) ke kas negara sebesar Rp45 miliar. Nilai PNBP tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. "Penerimaan negara bukan pajak ini termasuk tertinggi, bahkan UPT Kantor Imigrasi Yogyakarta mendapatkan apresisi karena dikategorikan sehat. Sebab lebih tinggi dari biaya operasional kantor Rp19 miliar," kata Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Najarudin Safaat saat berkunjung ke Griya Harian Jogja di Jalan AM Sangaji Nomor 41 Jogja, Kamis (14/12).

Najarudin menjelaskan penerimaan negara bukan pajak di Kantor Imigrasi Yogyakarta terbesar dari layanan paspor dan izin tinggal bagi warga negara asing (WNA). Selain capaian tinggi dalam PNBP, Kantor Imigrasi Yogyakarta juga sudah melakukan berbagai inovasi. Bahkan tahun ini mendapatkan dua kali penghargaan. Setidaknya ada 13 inovasi milik Kantor Imigrasi Yogyakarta di antaranya Jempol Karyo yang merupakan singkatan dari jemput bola Kantor Imigrasi Yogyakarta.

Advertisement

Inovasi ini merupakan layanan pengurusan paspor kepada masyarakat dengan sistem jemput bola. Adanya layanan ini Kantor Imigrasi Yogyakarta akan datang langsung ke tempat. Kemudian ada Sepakat Karyo yang merupakan aplikasi pengelolaan pengaduan masyarakat. "Kemudian juga ada aplikasi layanan pengawasan orang asing yang bekerja sama dengan kampus. Inovasi ini dapat mempermudah pengawasan dan menguntungkan kedua belah pihak baik dari keimigrasian maupun dari kampus. Kami dapat memantau, sementara mereka juga dapat mengetahui kapan paspor atau izin tinggal mahasiswa atau dosen habis dan perlu diperpanjang," ujarnya.

Lebih lanjut Najarudin juga menyampaikan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar seminar yang diikuti semua humas di semua UPT di bawah Kanwil Kemenku HAM DIY, termasuk Kantor Imigrasi Yogyakarta. Seminar tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas semua petugas humas sebagai pelaksana teknis di Kantor Imigrasi Yogyakarta. "Dengan seminar tersebut diharapkan mereka dapat membuat dan mengemas berita yang bagus dan menarik sebagai rebranding kantor," ucapnya.

Rencananya seminar kehumasan tersebut akan mengundang sejumlah pimpinan redaksi media masa di DIY. "Nantinya kami juga sekaligus akan merilis capaian selama setahun Kantor Imigrasi Yogyakarta kepasda masyarakat," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Harian Jogja ini, Najarudin Safaat didampingi Retno Dewi Banowati sebagai Kasubag TU, Bagus Dwi Putra sebagai Kasubsi Infokim, serta tiga staf Kantor Imigrasi Yogyakarta, yakni Aditya Indratna, Revnus Gadang, Yuristin (staf). Audiensi ini diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement