Advertisement

Terseret Arus di Parangtritis, Wisatawan Asing Berhasil Diselamatkan

Lugas Subarkah
Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Terseret Arus di Parangtritis, Wisatawan Asing Berhasil Diselamatkan Wisatawan asing dibawa ke pos Satlinmas Rescue Wilayah III setelah dievakuasi, Jumat (15/12/2023) sore. - ist - SAR Satlinmas Rescue Wilayah Operasi III Parangtritis

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kecelakaan laut kembali terjadi di Pantai Parangtritis, Bantul. Kali ini korbannya seorang wisatawan asing. Korban berhasil dievakuasi dalam kondisi masih hidup oleh tim SAR Satlinmas Parangtritis.

Koordinator Satlinmas Rescue Wilayah Operasi III Parangtritis, M. Arif Nugroho, menjelaskan korban bernama Lukas Danhelka, 29, wisatawan dari Republik Ceko. “Terseret arus pada Jumat [15/12/2023] pukul 16.00 WIB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (16/12/2023).

Advertisement

Kejadian ini berawal ketika Lukas datang ke pantai Parangtritis bersama pacarnya pada pukul 15.00 WIB. Di situ mereka berjalan-jalan dan bermain air di tepi pantai. “Korban sempat diingatkan petugas piket yang sedang berpatroli [agar tidak berenang], namun tidak mengindahkannya,” katanya.

Sekitar pukul 16.05 WIB, korban berenang ke tengah laut, mengarah ke palung dan terbawa arus ke tengah. Petugas Satlinmas rescue wilayah III dan SAR Ditpolair Polda DIY yang sedang berjaga langsung memberikan pertolongan dengan berenang,” katanya.

BACA JUGA: Presiden Kenakan Dasi Kuning saat ke Jepang, Ini Penjelasan Istana Negara

Evakuasi dilakukan menggunakan papan surfing dan pelampung. Sekitar setengah jam kemudian, korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke pos Satlinmas Rescue Wilayah III untuk diberikan pertolongan lanjutan.

Setelah korban dalat berkomunikasi dengan baik, petugas memberikan edukasi terkait bahaya palung di pantai Parangtritis. Pada Desember ini, sebelumnya juga terjadi kecelakaan laut dengan korban meninggal satu orang dan berhasil diselamatkan dua orang, pada Kamis (7/12/2023).

Ketiganya merupakan pelajar dari MTS Muhammadiyah Surakarta yang sedang berwisata ke Parangtritis. Satu korban yang meninggal baru berhasil ditemukan setelah pencarian lima hari oleh tim SAR Gabungan, di sekitar kawasan pantai Cemara Sewu, Bantul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aset Tersangka Kasus DUgaan Korupsi Kemenkes Disita, Ada Robot hingga Rumah Rp30 Miliar

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement