Advertisement

Covid-19 Berpotensi Merebak saat Libur Nataru, RS Panembahan Senopati Siapkan 38 Tempat Tidur

Jumali
Selasa, 19 Desember 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Covid-19 Berpotensi Merebak saat Libur Nataru, RS Panembahan Senopati Siapkan 38 Tempat Tidur RSUD Panembahan Senopati. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Guna mengantisipasi naiknya angka Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru 2024, Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati (RSPS) Bantul telah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah menyiagakan sebanyak 38 tempat tidur bagi pasien Covid-19.

Direktur RSPS dr. Atthobari mengungkapkan adanya peningkatan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir telah membuat RSPS melakukan sejumlah antisipasi.

Advertisement

Apalagi pada libur Natal dan Tahun Baru 2024 akan banyak wisatawan dari luar daerah yang datang ke Bantul. Hal ini akan membuat ada potensi peningkatan kasus Covid-19. "Kami siapkan total 38 tempat tidur untuk pasien Covid-19. Di ruang isolasi Baladewa kami siapkan sebanyak empat tempat tidur, bangsal Bima ada sebanyak 18 tempat tidur.

Selain itu juga disiapkan ruang isolasi di masing-masing unit atau instalasi dengan total 10 tempat tidur rawat inap dan enam tempat tidur nonrawat (IGD), ruang tindakan persalinan dan hemodialisa [cuci darah]," kata Atthobari di RSPS Bantul, Selasa (19/12/2023).  "Selain itu kami juga siap untuk mengalihkan ruang rawat inap lainnya jika terjadi lonjakan kasus," imbuh Atthobari.

Menurut Atthobari sampai saat ini ada sebanyak empat pasien Covid-19 dengan gejala dan komorbid dirawat di RSPS Bantul. Saat ini kondisi keempat pasien tersebut terkonfirnasi baik.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19,  Atthobari mengaku pihaknya menerapkan skrining bagi pasien yang akan menjalani operasi maupun akan menjalani rawat inap.

BACA JUGA: Kemenkes Umumkan Penularan Covid-19 Varian JN 1 Ditemukan di Jakarta dan Batam

Sementara untuk pengunjung, Atthobari mengimbau agar menggunakan masker. "Apalagi untuk yang sedang mengalami sakit flu, batuk dan demam," lanjutnya.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSPS Bantul, dr Budi Nurrohmah mengatakan untuk pembiayaan bagi pasien Covid-19 ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan jika tidak punya bisa menggunakan Jamkesda maupun Jamkesmas. "Mengingat saat ini tidak lagi masa pandemi," jelas Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement