Advertisement

Kehabisan Kamar Hotel saat Libur Nataru, Ratusan Kamar Homestay di Bantul Siap Menampung

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 19 Desember 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Kehabisan Kamar Hotel saat Libur Nataru, Ratusan Kamar Homestay di Bantul Siap Menampung Ilustrasi homestay di Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyiapkan beberapa homestay di desa wisata yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo menyampaikan ada sekitar 600 kamar yang tersedia di homestay yang ada di sejumlah Desa Wisata di Bantul.

Advertisement

Dia menyampaikan homestay dapat menjadi pilihan bagi wisatawan apabila sudah kehabisan kamar hotel. “Biasanya kalau libur Nataru, Lebaran, hotel di DIY, termasuk di Bantul full. Nah banyak yang mencari homestay,” ujarnya, Selasa (19/12/2023). 

Dia menuturkan Dispar Bantul sebelumnya telah meminta pengelola Desa Wisata untuk bersiap menyambut wisatawan selama momen libur Nataru.

Beberapa homestay yang telah siap menerima wisatawan selama Nataru antara lain Desa Wisata Krebet. 

Dia menyampaikan selama menginap di homestay desa wisata, wisatawan dapat menikmati juga beberapa paket wisata yang ditawarkan desa wisata tersebut. Dengan begitu, potensi wisata yang ada di setiap desa wisata juga dapat dikenalkan kepada wisatawan. 

Dia pun meminta pengelola homestay dapat memberikan amenities terbaik bagi wisatawan. Selain itu pengelola homestay juga perlu memastikan kebersihan dan keamanan homestay-nya sehingga wisatawan dapat merasa nyaman menginap disana. 

Nyaris Full Booked

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Bantul, Yohanes Hendra menuturkan jumlah kamar hotel di Bantul cukup terbatas.

Untuk hotel bintang 4 di Bantul yaitu Ros In Hotel Yogyakarta ada sekitar 80 kamar, sementaraan untuk Grand Rohan ada sekitar 185 kamar, sementara hotel nonbintang ada sekitar 800 kamar. 

Sementara per 17 Desember 2023 reservasi untuk libur Nataru sejak tanggal 25 Desember 2023 rata-rata telah menyentuh angka 80%.

Sementara okupansi hotel di Bantul untuk periode 30-31 Desember 2023, sebagian hotel telah full booked. “Target okupansi hotel sekitar 80-85 persen [selama Nataru],” katanya.

Dia menyampaikan apabila hotel berbintang di Bantul telah penuh, maka wisatawasan biasanya akan menyasar beberapa hotel nonbintang di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selain Siswa, Seorang Guru SMK Lingga Kencana Depok dan Pengendara Motor Ikut Tewas

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement