Advertisement

Lowongan Kerja Lur, Gunungkidul Membutuhkan 2.709 Pengawas TPS

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 21 Desember 2023 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Lowongan Kerja Lur, Gunungkidul Membutuhkan 2.709 Pengawas TPS Proses perhitungan suara di TPS 8, Dusun Kwarasan Wetan, Kedungkeris, Nglipar, Gunungkidul, Rabu (9/12/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul membutuhkan 2.709 pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Pengawas TPS tersebut sangat diperlukan agar proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan lancar.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu RI terkait proses dan syarat pendaftaran pengawas TPS.

Advertisement

“Kami memang belum membuka pendaftaran pengawas TPS. Soalnya kami masih menunggu juknis pembentukan pengawas TPS itu,” kata Andang dihubungi, Rabu (20/12/2023).

BACA JUGA: Bawaslu Mengendus Adanya Oknum Lurah dan Pamong di Sleman Ikut Berkampanye

Andang menambahkan pelantikan pengawas TPS akan dilakukan 23 hari sebelum pemungutan suara. Dengan begitu setidaknya pembukaan pendaftaran dilakukan awal tahun 2024.

“Di juknis nanti ada syarat, batas usia, dan sebagainya dijleaskan dalam juknis. Jumlah pengawasnya satu TPS satu orang,” katanya.

Dia menerangkan pengawas TPS memiliki tugas untuk mengawasi pemungutan dan perhitungan suara termasuk pembentukan TPS di lokasi sejak awal. Apabila ada masalah dalam proses tersebut maka pengawas akan melaporkannya secara berjenjang sampai ke Bawaslu Kabupaten.

BACA JUGA: Jadwal Penyesuaian KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja, Berlaku 21-31 Desember

“Kalau seperti kekurangan surat suara kan perlu tahu ada pemohon surat suara atau tidak. Bahkan yang lebih jauh, kalau ada unsur pelanggaran di TPS nanti bisa sampai merekomendasikan pemungutan ulang,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement