Advertisement

Bulan Dana 2023, PMI Sleman Raup Donasi Tertinggi di DIY

David Kurniawan
Rabu, 03 Januari 2024 - 20:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Bulan Dana 2023, PMI Sleman Raup Donasi Tertinggi di DIY Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa (kanan) menerima hasil donasi dalam Bulan Dana PMI di 2023 yang diserahkan di raung rapat latai tiga, Pemkab Sleman. Rabu (3/1/2024) Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PMI Sleman membukukan donasi dalam penggalangan bulan dana di 2023 sebesar Rp1,17 miiliar. Capaian ini mendapat apresiasi dari Pemkab Sleman dikarenakan yang tertinggi di wilayah DIY.

Ketua PMI Sleman, Sunartono mengatakan, Bulan Dana PMI di 2023 berlangsung mulai Juli hingga Akhir Desember lalu. Total ada 24 sasaran yang diharapkan bisa memberikan sumbangsih didalam penggalangan dana ini.

Advertisement

“Ada dari kalangan pemerintahan, pihak swasta hingga perbankan. Untuk donasi mulai dari Rp5.000 sampai Rp50.000 dan dilakukan secara sukarela,” kata Sunartono kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

BACA JUGA: Ngeri! Puluhan Ular Masuk Perumahan Warga Gunungkidul

Menurut dia, partisipasi didalam penggalangan dana sangat baik. Pasalnya, pengumpulan donasi berlangsung selama enam bulan ini berhasil memeroleh dana sebesar Rp1.172.789.645.

“Kami ucapkan terima kasih karena berkat dukungan dan donasi dari seluruh Masyarakat dapat mendukung kegiatan yang dilaksanakan PMI,” ungkapnya.

Sunartono mengakui sebagai Lembaga sosial, banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari pertolongan sosial mulai dari kecelakaan hingga bantuan air bersih, maka ada yang harus dipertanggungjawabkan dalam penggunaan. Untuk itu, setiap tahunnya ada proses audit dari kantor akutan public.

“Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami terkait dengan penggunaaan anggaran, yang salah satunya berasal dari bulan dana PMI. Kami bersyukur selama Sembilan tahun terakhir bisa memeroleh predikat wajar tanpa pengecualian [WTP],” katanya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa memberikan apresiasi karena bulan dana PMI berjalan dengan baik. Dilihat dari donasi yang masuk, pendapatan yang diterima PMI Sleman merupakan yang tertinggi di DIY.

“Saya terus mengajak seluruh Masyarakat untuk lebih optimal dalam mendukung bulan dana PMI. Dukungan ini sangat membantu PMI dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat,” katanya.

BACA JUGA: 5.500 Undangan Disebar di Acara Pernikahan Putera Kedua Wagub DIY

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan PMI sangat membantu. Sebagai contoh, pada saat terjadi kecelakaan di jalan raya, relawan atau anggota PMI langsung mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

“Bantuan tidak hanya saat terjadi kecelakaan. Tapi, untuk kegiatan sosial lainnya juga terus dilakukan,” katanya.

Danang pun berpesan setiap rupiah yang dikeluarkan untuk PMI bisa dipertanggungjawabakan secara transparan dan akuntabel. “Dengan adanya pertanggungjawaban secara jelas, maka kepercayaan Masyarakat terhadap PMI Sleman dapat terus ditingkatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement