Advertisement

Dinas Kesehatan DIY Diminta Mempercepat Vaksinasi Polio di Sleman

Yosef Leon
Jum'at, 12 Januari 2024 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Dinas Kesehatan DIY Diminta Mempercepat Vaksinasi Polio di Sleman Vaksinasi anak - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan DIY menerima instruksi dari Kementerian Kesehatan RI untuk segera melakukan vaksinasi polio di wilayah Sleman menyusul ditetapkannya Kabupaten Klaten yang berbatasan langsung dengan wilayah itu sebagai kejadian luar biasa (KLB) polio.

"Alhamdulillah surat baru saja diterima. Sementara hanya untuk Sleman. Isinya di Sleman harus dilaksanakan nOPV2 (vaksinasi polio)," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie, Jumat (12/1/2024).

Advertisement

Menurut Pembajun, vaksin polio yang diberikan itu nantinya dipakai dengan cara diminum secara oral. Sampai sekarang belum ada kasus polio yang ditemukan di wilayahnya. Maka, pemberian vaksin kata Pembajun, akan digenjot guna mengantisipasi sebaran kasus. "Semoga tidak ada, kita akan terus upayakan antisipasi," jelasnya.

BACA JUGA: Puasa di Bulan Rajab Berlangsung hingga Februari 2024, Ini Jadwalnya

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan antisipasi terhadap sebaran polio harus dimaksimalkan oleh Dinas Kesehatan DIY dan Sleman menyusul ditemukannya kasus serupa di Kabupaten Klaten. Sebab, menurut Beny virus tidak memiliki wilayah administrasi dan antisipasi harus diperkuat.

"Namanya virus kan tidak punya wilayah administrasi, tapi yang paling rentan ya yang berbatasan langsung. Karena interaksi orangnya langsung. Kami mewaspadai itu, maka yang kami lakukan adalah PHBS perilaku hidup bersih dan sehat," katanya.

Menurut Beny, pemberian vaksin nantinya akan dipusatkan di Puskesmas masing-masing wilayah terutama bagi yang rentan yakni anak-anak.

"Kita modelnya di Puskesmas, kan polio juga diperuntukkan terutama bagi rentan yang anak-anak . Dinas kesehatan sudah berjalan, sudah melakukan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Artis Epy Kusnandar "Preman Pensiun" Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement