Advertisement

PDAM Sleman Dapat Jatah 2.000 Sambungan Program Inpres

Media Digital
Jum'at, 19 Januari 2024 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
PDAM Sleman Dapat Jatah 2.000 Sambungan Program Inpres Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata

Advertisement

SLEMAN—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman mendapat jatah program penyambungan saluran air bersih dengan biaya murah yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Selain itu, PDAM Sleman juga akan membuat program promosi untuk sambungan dengan setengah harga.

Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata mengatakan, program untuk percepatan akses air bersih ini salah satunya adlaah program dari pemerintah pusat berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres). "Sasarannya adalah 2.000 sambungan yang akan dilaksanakan pada 2024 ini dengan biaya yang sangat murah," jelas Dwi di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2024).

Advertisement

Dwi mengatakan, untuk program ini biayanya di bawah Rp 100.000 dan itu pun hanya untuk pendaftaran. Padahal kalau normal biayanya Rp1,5 juta. "Biaya murah ini karena program dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Syaratnya adalah untuk rumah tangga non komersial dan daerah tersebut dilalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berasal dari Sungai Opak dan Sungai Progo," jelas pria penggemar olahraga ini.

BACA JUGA: Dampak Siklon Tropis Anggrek, Sejumlah Pohon di Wilayah Sleman Tumbang

Program ini, lanjut Dwi, memang menggunakan air permukaan untuk menjaga konservasi air. Sebelumnya PDAM juga ada program hibah dari pemerintah pusat sehingga biaya sambungan air untuk rumah tangga cukup murah.

Daerah yang dilalui SPAM ini adalah Minggir, Godean, Moyudan, Tambakrejo, Mlati serta Kalasan dan Prambanan. Saat ini sudah dilakukan verifikasi dan dari 2.000 yang daftar yang lolos sekitar 1.900. Rencananya program ini akan mulai dilaksanakan Maret mendatang.
Selain program berdasarkan Inpres tersebut, PDAM Sleman juga akan melakukan promosi dnegan potongan setengah harga untuk sambungan baru. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement