Advertisement

Kabar Duka, Tokoh Musik Gerejawi Romo Prier Meninggal Dunia

Yosef Leon
Minggu, 21 Januari 2024 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Kabar Duka, Tokoh Musik Gerejawi Romo Prier Meninggal Dunia Kabar meninggal dunianya Romo Prier tokoh musik gereja Katolik di Indonesia, Minggu (21/1 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Umat kristiani Indonesia berduka. Tokoh yang berperan penting dalam perjalanan musik gereja Katolik di Indonesia Romo Karl Edmund Prier menghembuskan nafas terakhirnya Minggu (21/1/2024). 

Romo Prier meninggal dunia di usia 87 tahun di rumah sakit Panti Rapih Jogja sekitar pukul 00.40 WIB lantaran komplikasi berbagai penyakit yang dideritanya. Sejak setahun terakhir Romo Prier yang berasal dari Jerman ini kesehatannya dikabarkan telah memburuk. 

Advertisement

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Merapi Muntahkan Awan Panas ke Kali Bebeng, Jarak 2 Km

Anggota Komunitas Serikat Jesuit Bener Romo Iswara Hadi SJ membenarkan kabar duka tersebut. Menurutnya Romo Prier sudah mengalami sakit sejak lama lantaran usianya yang semakin sepuh. 

"Sudah sakit-sakitan lama, komplikasi dan macam-macam penyakitnya. Saya tidak tahu persis tapi kurang lebih karena lansia dan sudah rapuh, ada jantung, selulit, mimisan juga dan macem-macem," ujarnya. 

Romo Iswara menerangkan, Romo Prier dirawat di rumah sakit Panti Rapih sejak Sabtu (20/1/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. Itu merupakan puncak dari kesehatannya yang semakin memburuk. 

"Sudah sering keluar masuk rumah sakit, sebelum ini sudah sakit tapi tidak mau dibawa ke rumah sakit cuma home care tapi karena kemarin situasinya menurun lalu kami bawa ke rumah sakit," ujarnya. 

Sampai akhir hayatnya Romo Prier disebut masih rutin bekerja untuk musik gereja. Terbaru Romo yang pernah menjadi korban kekerasan pada 2018 silam itu baru saja menulis sebuah buku tentang karyanya semasa hidup. 

"Masih bertugas di pusat musik liturgi. Sampai akhir hidupnya masih menggarap buku juga, kemarin Jumat malam saya masih bantu minumin obat dan saya koreksi buku yang akan terbit, bukunya soal karya dia," pungkas Romo Iswara. 

BACA JUGA: Liga Arab Bakal Gelar Pertemuan Terkait Memanasnya Suhu Politik di Timur Tengah

Misa tirakatan meninggalnya Romo Prier dijadwalkan akan digelar pada Minggu 21 Januari 2024 pukul 18.00 WIB. Setelahnya misa Requiem akan diselenggarakan di kapel Puskat Senin 22 Januari 2024 pukul 10.00 WIB. Jenazahnya akan diberangkatkan ke Girisonta, Jawa Tengah untuk dimakamkan.

Salah satu kisah Romo Prier yang tidak pernah dilupakan adalah saat menghadapi aksi terorisme di Gereja St Lidwina Bedog. Peristiwa itu terjadi pada Minggu, 11 Februari 2018, di mana pelaku Suliyono menyerang gereja tersebut saat jemaat menggelar misa pagi.

Pelaku menyerang sejumlah jemaat, merusak properti gereja dan sempat menebaskan pedang sepanjang satu meter ke tubuh Romo Prier. Kepala dan pundak kiri Romo Prier terluka. Romo Prier bersimbah darah dan dirawat di rumah sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement