Advertisement

Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sleman, Selain Longsor Pepohonan Kembali Tumbang

Abdul Hamied Razak
Minggu, 21 Januari 2024 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sleman, Selain Longsor Pepohonan Kembali Tumbang TRC BPBD Sleman bersama relawan kebencanaan mengevakuasi pohon yang tumbang di jalan usai hujan lebat dan angin kencang melanda Sleman, Minggu (21/1/2024). Ist - bpdbsleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (21/1/2024) di wilayah Sleman mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan mengatakan hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu dini hari menyebabkan sejumlah pohon kembali tumbang. Di Kapanewon Cangkringan dilaporkan delapan titik pohon yang tumbang baik di Umbulharjo, Glagaharjo maupun di Argomulyo.

Advertisement

BACA JUGA: Dampak Siklon Tropis Anggrek, Sejumlah Pohon di Wilayah Sleman Tumbang

Selain menimpa rumah, pohon yang bertumbangan akibat peristiwa itu menyebabkan akses jalan warga tertutup dan menimpa jaringan listrik. Seperti Dusun Gading dan Singlar, Glagaharjo, Cangkringan.

"Ada juga pohon akasia yang tumbang menimpa rumah warga di Umbulharjo. Di Srunen, Glagaharjo ada atap warung, atap garasi asbes dan seng terbawa angin kencang," katanya.

Selain di Kapanewon Cangkringan, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Kalimati Tirtomartani Kalasan. Pohon tumbang menimpa jaringan listrik. Selain itu, peristiwa yang sama terjadi jalan Berbah-Prambanan, Sumberkidul, Kalitirto, Berbah.

"Di Berbah ini ada pohon menutup akses jalan dan menimpa pengendara motor. Korban atas nama Eko Suwadi dalam kondisi sadar dan luka ringan dan langsung dibawa pulang oleh keluarganya," paparnya.

Longsor

Makwan menjelaskan, selain bencana pohon rumbang, hujan yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan bencana longsor di Kapanewon Mlati. Sebuah talud longsor menimpa bangunan Universitas Mahakarya Asia di Glondong RT 01 RW 18, Sendangadi, Mlati.

Bencana longsor juga terjadi di Kapanewon Turi. Tepatnya di Ngumbul RT 3 RW 26, Bangunkerto, Turi. "Akibat hujan deras membuat rumah roboh akibat pondasi rapuh," katanya.

Hingga kini, BPBD Sleman terus melakukan assesmen data korban bencana. Selain berkoordinasi dengan instansi terkait, Tim Reaksi Cepat BPBD Sleman beserta relawan bencana melakukan pemotongan pohon dan distribusi bantuan darurat. 

BACA JUGA: Ada Siklon Tropis Anggrek, Potensi Cuaca Ekstrem Membayangi Wilayah DIY

Meskipun tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut, Makwan menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana. "Mengingat hujan terus menerus sepanjang waktu menjadikan tanah permukaan gembur, daya cengkram akar pohom jadi lemah, potensi pohon yang rindang mudah tumbang kena angin. Jadi mohon kewaspadaan terutama perindang jalan dan yang dekat permukiman," kata Makwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement