Advertisement

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemkab Kulonprogo Fokus Penataan Kawasan Pantai

Newswire
Rabu, 24 Januari 2024 - 10:07 WIB
Ujang Hasanudin
Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemkab Kulonprogo Fokus Penataan Kawasan Pantai Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan saat Matahari tenggelam di pemecah ombak Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Kulonprogo, belum lama ini. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tahun ini fokus pada program penataan kawasan pantai selatan, khususnya Pantai Glagah untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di wilayah itu.

Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan strategi pengembangan kawasan Pantai Glagah, sesuai dengan Perda Nomer 2 Tahun 2021 memuat tentang upaya mengembangkan kawasan wisata pantai berbasis kuliner tepi laut dan surga makanan hasil laut di Pantai Glagah.

Advertisement

"Kami fokus pada program penataan kawasan pantai selatan hingga pemetaan potensi wisata," kata Ni Made, Selasa (23/1/2024)

Ia mengatakan pengembangan kawasan pantai selatan, dimulai dari mengembangkan kawasan konservasi mangrove di Pantai Congot dan Pantai Jangkaran, mengembangkan kawasan ekowisata dan konservasi mangrove di Pantai Pasir Mendit dan Pasir Kadilangu, mengembangkan event budaya setempat sebagai daya tarik wisata.

BACA JUGA: 3 Objek Wisata Alam Eksotis di Kulonprogo

"Kami mengembangkan ekonomi kreatif sebagai penunjang pariwisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kulonprogo Joko Mursito mengatakan target perolehan PAD wisata 2024 Kulon Progo ditetapkan sebesar Rp8,6 miliar. Adapun targetnya mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding sebelumnya.

Pada 2023, PAD wisata Kulonprogo ditargetkan sebesar Rp5,198 miliar dengan realisasi Rp5,587 miliar. Sementara di 2022, PAD wisata ditargetkan sebesar Rp5,129 miliar dan realisasi Rp5,131 miliar.

"Penentuan target didasarkan pada adanya tarif retribusi baru yang sudah ditetapkan lewat Peraturan Daerah (Perda). Tarif retribusi yang sebelumnya Rp6 ribu naik menjadi Rp10 ribu per orang, di mana sudah termasuk asuransi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement