Advertisement

Dinilai Menghasut, Butet Dilaporkan Relawan Alap-Alap Jokowi ke Polisi

David Kurniawan
Rabu, 31 Januari 2024 - 16:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dinilai Menghasut, Butet Dilaporkan Relawan Alap-Alap Jokowi ke Polisi Relawan Alap-Alap Jokowi saat melaporkan budayawan Butet Kertaradjasa ke Ditreskrimum Polda DIY. Rabu (31/1/2024). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Budayawan asal Bantul, Butet Kertaradjasa, kembali dilaporkan ke polisi berkaitan dengan orasinya saat kampanye di Wates, Kulonprogo, Minggu (28/1/2024). Kali ini laporan dilakukan oleh jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi ke Ditreskrimum Polda DIY, Rabu (31/1/2024).

“Di depan [SPKT] diarahkan ke Ditreskrimum sehingga kami menyerahkannya ke sana,” kata Ketua Umum Rewalan Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini, kepada wartawan, Rabu siang.

Advertisement

Menurut dia, laporan yang diberikan sudah diterima dan oleh petugas akan dikosultasikan dengan atasan. Salah satunya guna memastikan dakwaan apakah masuh ranah pidana atau Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Sebelum membuat laporan, kami sudah mengkaji dan benar video yang viral tersebut benar Mas Butet dilihat dari muka maupun bibirnya. Oleh karenanya, kami buat laporan ke polisi,” kata Isnaini.

Sebagai relawan, sambung dia, ikut tergerak untuk melaporkan karena ada beberapa unsur dinilai tidak pantas diucapkan oleh seorang budayawan. Isnaini mencatat apa yang diucapkan sudah masuk ke kategori fitnah, penghasutan dan penghinaan terhadap kepala negara sehingga hal ini tidak bisa diterima.

“Bolehlah ia berdalih multitafsir, tapi saya kira sudah jelas apa yang diucapkan. Ahli semiotika pun akan tertawa dengan adanya dalih multi tafsir karena memang semua sudah jelas,” katanya.

Baca Juga

Soal Pantun Butet ke Jokowi, Penasehat Bepro DIY: Sebaiknya Belajar dari Sikap Prabowo

Relawan Jokowi Dikawal TKD Prabowo-Gibran Laporkan Butet Kartaredjasa ke Polda DIY

Hadir di Kampanye Ganjar-Mahfud, Butet Bacakan Sejumlah Pantun Soal Pemimpin

Ia berharap kasus ini bisa diselesaikan dengan tuntas. Relawan Alap-Alap Jokowi siap mengawal serta akan memenuhi panggilan kapa saja untuk proses penyelesaian. “Kami taat dan patuh terhadap perundang-undangan sehingga kasus ini harus diselesaikan sampai tuntas,” katanya.

Anggota Relawan Alap-Alap Jokowi, Pambudi Sulistyo mengaku kecewa dan malu dan sedih karena Butet sudah menjadi panutan bagi seniman di Jogja. Namun atas omongan yang diucapkan oleh Butet tidak pantas sehingga bisa menjadi pembelajaran bersama.

Menurut dia, sebagai budayawan di Kota Jogja, ajaran dari Ki Hajar Dewantara harus dipegang teguh sehingga tidak bisa berucap seenaknya.

“Didalam proses pemikiran kreatif harus melibatkan cipta rasa dan karsa. Nah tentunya dengan tutur kata, tutur kata itu harus menunjukan nilai kebudayaan, apalagi kita tinggal di Jogja,” kata Pambudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Lowotobi Laki-laki Erupsi Dua Kali, Warga Diminta Waspada Lahar Hujan

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement