Advertisement

5 Kudapan Berbahan Singkong dan Ubi Khas Kraton Jogja, Digemari Raja-raja Mataram

Sunartono
Kamis, 01 Februari 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
5 Kudapan Berbahan Singkong dan Ubi Khas Kraton Jogja, Digemari Raja-raja Mataram Bentuk kue Indralaka dan kue Perdapa merupakan khas kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. - Ensiklopedi Kraton Yogyakarta.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selain menyimpan segudang kekayaan seni budaya, Kraton Ngayogyakarta juga tersohor dengan menu masakan dengan resep raja di masa lalu. Menu masakan Kraton Jogja memiliki banyak ragam baik yang diadaptasi dari masakan tradisional khas Jawa maupun masakan barat.

Salah satu menu dengan bahan sederhana berupa singkong pun masuk dalam katalog masakan khas Kraton Jogja. Bahan dasar singkong dan ubi digunakan para juru masak Kraton Jogja untuk menghasilkan kue favorit Raja Mataram.

Advertisement

BACA JUGA : Asal Muasal Sentra Gudeg Wijilan, Salah Satu Spot Makan Favorit Wisatawan

Berikut ini adalah kue atau kudapan berbahan singkong khas Kraton Jogja dikutip dari Ensiklopedi Kraton Yogyakarta Cetakan Kedua Tahun 2014:

1. Indralaka

Merupakan kue campuran ubi, kelapa muda parut an gula Jawa, dibungkus dengan daun pisang menyerupai lemper. Kemudian dibakar di atas bara api hingga matang. Kue ini menjadi hidangan selingan favorit dari Sultan HB VIII.

2. Perdapa

Kue ini sebutannya Berdaba jika di luar kraton. Kue dari bahan singkong yang diwarnai merah hijau yang di dalamnya berisi enten-enten atau campuran parutan kelapa, gula Jawa dan vanili. Kue ini sering disajikan untuk Sri Sultan HB IX.

3. Bendhul

Sering diartikan bulatan atau benjolan kecil seperti halnya bentuk kue tersebut. Berbahan singkong kukus halus yang dicampur kelapa parut, gula, garam dan vanili. Kemudian dibentuk bulatan sebesar bola bekel, yang dipipihkan dan ditusuk dengan bilah bambu dan dibakar di atas bara api.

4. Tela Liwet Sambal Mijan

Berbahan singkong rebus yang disajikan bersama dengan sambal mijan. Sambal terbuat dari cabai rawit asal Jawa, gula Jawa dan sedikit petis udang, ini berfungsi sebagai cocolan singkong rebus.

5. Tela Liwet Gurih

Hidangan singkong yang direbus di dalam santan sampai empuk. Pelengkap singkong ini adalah tempe bacem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement