Advertisement

Musim Bawal Laut, Sekali Melaut Nelayan Kulonprogo Bisa Raup Rp12 Juta

Triyo Handoko
Minggu, 04 Februari 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Musim Bawal Laut, Sekali Melaut Nelayan Kulonprogo Bisa Raup Rp12 Juta Nelayan sedang bekerja sama mendorong kapal ke pantai, di Pantai Bugel, Panjatan, Kulonprogo. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Nelayan di Bumi Binangun sudah kembali melaut pada Sabtu (3/2/2024) kemarin setelah sebelumnya berhenti karena adanya Badai Siklon Anggrek. Dari hasil melautnya ini, mereka berhasil meraup jutaan rupiah lantaran saat ini memang musim tangkap ikan bawal.

Salah satu nelayan yang sudah melaut adalah Nur Rifky. Dia menjelaskan di hari pertamanya melaut, dia mendapat 60 kilogram ikan bawal. Dia mengatakan harga jual ikan bawal saat ini adalah sebesar Rp230.000 per kilogram untuk berukuran 0,5 ons per ekornya.

Advertisement

"Sudah melaut sejak kemarin, karena cuaca sudah membaik meskipun hujan tetapi tinggi gelombang sudah normal dan tidak ada angin kencang juga," ungkapnya, Minggu (4/2/2023).

Meskipun sudah melaut, Rifky masih terus memantau BMKG dan belum bisa memastikan akankan terus meluat. "Ini juga masih menunggu-nunggu arahan BMKG, karena cuaca cepat sekali berubah sekarang," katanya.

Kebanyakan ikan tangkapannya, jelas Rifky, dijual ke pengepul luar daerah. "Kalau bawal ke luar daerah jualnya, karena harganya memang tinggi, pasarnya di luar. Seperti kemarin dapat Rp12 juta itu dipasarkannya ke Cilacap sana," ujarnya.

BACA JUGA: Nelayan Kulonprogo Panen Bawal Putih, Diharapkan Dapat Meningkatkan Pendapatan

Mulainya melaut nelayan di Bumi Binangun dikonfirmasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo. "Sejak kemarin memang sudah banyak melaut setelah berhenti karena Badai Anggrek beberapa waktu lalu," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kulonprogo Wakhid Purwosubiyantoro.

Wakhid menjelaskan DKP Kulonprogo juga sudah berkoordinasi dengan para kelompok nelayan di wilayahnya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan selama musim hujan ini. "Kebetulan harga ikan juga sedang baik, tapi kami juga sudah menghimbau untuk lebih berhati-hati dan tidak memaksakan apalagi kalau cuacanya buruk," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement