Advertisement

Hati-Hati! Beredar Akun Whatsapp Palsu Menyaru Caleg PKB Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Februari 2024 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Hati-Hati! Beredar Akun Whatsapp Palsu Menyaru Caleg PKB Bantul Ponsel pintar, aplikasi ponsel ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Untuk kesekian kalinya, beredar nomor Whatsapp yang mengaku sebagai anggota DPRD Bantul dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Suradal.

Lewat nomor itu, pelaku yang belum diketahui identitasnya menawarkan kredit kendaraan mobil dan motor dengan cicilan jangka waktu 1-5 tahun dengan bunga 0%.

Advertisement

Tak hanya itu, pelaku pun mendaku bahwa harga kendaraan tersebut adalah 30%-40% lebih murah dari harga yang ditawarkan showroom

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Suradal mengaku telah mengetahui mengenai kejadian tersebut. Dia menduga kejadian tersebut terkait dengan pencalonannya kembali menjadi anggota DPRD Bantul pada Pemilu tahun ini. 

“Hari ini [mengetahui nomornya digunakan orang tidak dikenal]. Saya kepentingan baru nyaleg, kan biasa orang pada nggunakake aku, njatuhke saya, disebarluaskan,” ujarnya. 

Dia mengaku mengetahui mengenai kejadian tersebut dari beberapa orang kenalannya yang langsung menghubunginya pagi tadi. Dia mengaku tidak terlalu menggubris kejadian tersebut, karena menurutnya foto profil yang digunakan berbeda dengan nomor aslinya. 

Dia mengaku sebelumnya pernah ada aksi serupa yang tertuju padanya. “Dulu pernah, lali waktune [waktu kejadian], ponsel [Suradal] tertinggal di pesawat Citilink,” ujarnya.  

Dia pun berharap tidak ada korban dari aksi tersebut. “Semoga saja tidak ada, sekarang kan modus seperti itu sudah biasa,” ujarnya. 

Salah satu orang yang dihubungi oleh nomor tidak dikenal tersebut, Muji Nugroho, mengaku sempat dihubungi sekitar pukul 08.45 WIB. “Kebetulan pas mau persiapan berangkat kerja ada WA, lihat foto profil berikut nama Suradal. Kebetulan di ponsel sekarang tidak menyimpan lagi nomor Pak Suradal. Aku balas seperti biasa,” katanya. 

BACA JUGA: Nomor WhatsApp Bupati Sleman Diretas

Sambil membalas percakapan tersebut, dia mengaku sempat melakukan screenshot percakapan tersebut. Kemudian dia menanyakan nomor Pak Suradal ke salah satu temannya di Bantul. “Komunikasi lewat chat berlanjut, sambil menunggu jawaban teman di Bantul. Begitu isi chat menawarkan kendaraan, aku sudah curiga. Terus aku biarkan saja chat itu,” katanya. 

Mantan wartawan salah satu media massa nasional itu mengaku berkomunikasi terakhir sejak sekitar 2019 lalu saat dia masih bertugas di Bantul. Dia pun mengaku sempat mendapatkan modus serupa sebelumnya. 

“Kebetulan beberapa bulan yang lalu aku juga pernah dapat Whatsapp yang sejenis, memakai foto dan nama teman wartawan di Kediri. Sama seperti kasus yang mencatut nama pak Suradal, aku langsung crosscheck ke teman untuk memastikan,” ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement