Advertisement

Kepala BSILHK Tanam Mangrove di Kulonprogo saat Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia

Media Digital
Jum'at, 09 Februari 2024 - 09:27 WIB
Sunartono
Kepala BSILHK Tanam Mangrove di Kulonprogo saat Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) Ary Sudijanto melakukan penanaman Mangrove di Kadilangu Kulonprogo, Rabu (07/2/24). Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah sedunia tahun 2024.Kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh seluruh UPT KLHK lingkup DIY, OPD (Pemda DIY dan Kabupaten) dan masyarakat setempat. Hadir juga Sekretaris Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, Kepala Pustarhut dan BPSILHK Solo. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) Ary Sudijanto melakukan penanaman Mangrove di Kadilangu Kulonprogo, Rabu (07/2/24). Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah sedunia tahun 2024.

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh seluruh UPT KLHK lingkup DIY, OPD (Pemda DIY dan Kabupaten) dan masyarakat setempat. Hadir juga Sekretaris Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, Kepala Pustarhut dan BPSILHK Solo.

Advertisement

Adapun lokasi penanaman berada di Pantai Pasir Kadilangu Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo. Jenis yang ditanam adalah Rhizophora mucronata sebanyak 1000 batang, dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP). Penanaman secara simbolis sebanyak 200 batang, selanjutnya oleh masyarakat.

BACA JUGA : BBPSIK Yogyakarta Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan

Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam sambutan yang dibacakan Ary Sudijanto, menyatakan, kegiatan penanaman pohon merupakan upaya konkrit dan strategis dalam mengatasi triple planetary crisis yaitu, perubahan iklim, polusi, dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati.

Menteri LHK menegaskan, gerakan penanaman pohon menunjukkan urgensi pohon sebagai sentral bagi kehidupan di bumi. Pohon memiliki andil dalam pertumbuhan manusia dan seluruh makhluk hidup.

“Menanam pohon tidaklah berat, merawat dan menjaga pohon untuk tetap tumbuh akan menuai kebaikan. Mari kita tanam minimal 25 pohon seumur hidup untuk setiap individu penduduk kita,” kata Ary.

Aksi penanaman pohon tersebut merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana dan pengendalian perubahan iklim. Sebagai upaya menjaga bumi dari pemanasan Global yang sudah menjadi ancaman nyata, dan perlu diantisipasi bersama.

Kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga dan merawat lingkungan bisa diwujudkan dengan aksi nyata menanam pohon, ‘Bangun Harmoni dengan Alam, Mulailah Menanam.

Kepala Dinas LHK DIY, Kusno Wibowo, menyampaikan bahwa masyarakat harus, hamemayu hayuning bawono. Filosofi ini memiliki makna, pertama keselamatan alam ciptaan-Nya bisa dijaga dan selamat hanya tergantung kepada kebijaksanaan manusia sendiri.

Kedua adalah sifat-sifat keutamaan manusia atau sifat seorang kesatria dengan didasari keikhlasan yang memungkinkan bangsa dan negara ini tetap utuh. Ketiga keselamatan manusia itu hanya dimungkinkan karena rasa kemanusiaannya.

Penanaman Pohon juga dilakukan serempak di seluruh wilayah Indonesia. Selain dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Se-Dunia, penanaman ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan arahan Presiden RI, Joko Widodo, kepada Kementerian LHK agar melakukan penanaman pohon di sepanjang musim penghujan Tahun 2023/2024.

Penanaman pohon tahap pertama di seluruh wilayah Indonesia telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Desember 2023 yang dipimpin oleh pejabat KLHK Pusat dan Daerah, serta melibatkan staf UPT KLHK, Dinas LHK, ASN, dan masyarakat umum/keluarga ASN di seluruh provinsi se-lndonesia.

Sebagai tindak lanjut KLHK juga telah mengeluarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor I Tahun 2024 tentang Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024 Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Pelaksanaan penanaman pohon dilakukan dengan kontrol teknis oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan cq. UPT BPDAS, serta bibit diperoleh dari persemaian skala beşar atau persemaian permanen atau pembibitan lainnya.

Pekerjaan teknis penyiapan lubang tanam dan lain-lain dilakukan seluruh UPT KLHK di daerah. Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon secara serempak yang akan datang direncanakan pada tanggal 7 Maret 2024 dalam rangka peringatan Hari Bakti Rimbawan dan 21 April 2024 dalam rangka peringatan Hari Kartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Warga Palestina yang Tewas di Jalur Gaza Bertambah Menjadi 34.356 Orang

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement