Advertisement

Pemkab Sleman Ajukan Penambahan 723 Pegawai, Ada Ratusan Formasi CPNS

David Kurniawan
Minggu, 11 Februari 2024 - 12:27 WIB
Sunartono
Pemkab Sleman Ajukan Penambahan 723 Pegawai, Ada Ratusan Formasi CPNS Ilustrasi PNS / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman mengusulkan tambahan pegawai sebanyak 723 formasi di 2024. Meski demikian, untuk kepastian masih menunggu pengumuman kuota formasi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemerintah Pusat.

Kepala BKPP Sleman, Budi Pramono mengatakan, pegawai di lingkup pemkab masih belum ideal. Oleh karenanya, upaya pengajuan penambahan pegawai terus dilakukan setiap tahunnya.

Advertisement

BACA  JUGA : Pemkab Sleman Klaim Kekurangan 17.000 Pegawai

Untuk penambahan, pemkab sudah membuat kajian dengan rencana pengajuan rekrutmen sebanyak 723 formasi. Menurut dia, rekrutmen kali ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelum. Pasalnya, di 2024 formasi tidak hanya untuk perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), tapi yang diajukan juga ada yang CPNS.

“Yang kita ajukan untuk CPNS sebanyak 147 pegawai dan sisanya sebanyak 576 formasi merupakan P3K,” kata Pramono.

Disinggung mengenai rencana rekrutmen, ia mengungkapkan, untuk CPNS ada dari jabatan fungsional dan pelaksana. Sedangkan, P3K masih untuk seputaran tenaga pendidik, tenaga Kesehatan dan jabatan pelaksana.

Meski berhak mengusulkan, ia mengakui kepastian formasi untuk rekrutmen ASN sepenuhnya berada di Pemerintah Pusat. “Kewajiban kami hanya mengusulkan, tapi untuk penentuan kuota formasi kewenangan ada di Pusat,” katanya.

Berdasarkan Analisa jabatan dan beban kerja, Pramono mengakui di lingkup Pemkab Sleman masih kekuranan sebanyak 17.000 pegawai. Meski demikian, jumlah ini tak bisa diisi secara langsung karena pengisian juga mengacu pada kemampuan keuangan daeran.

“Jumlah ini ada di seluruh jenjang. Jadi, proses dilakukan bertahap, salah satunya dengan mengusulkan penambahan pegawai yang dilakukan setiap tahunnya,” katanya.

Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur, BKPP Sleman, Suryana menambahkan, untuk sekarang masih menyelesaikan proses tahapan rekrutmen P3K di 2023. Menurut dia, calon P3K yang diterima sudah diumumkan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Tahun Ini, Pemkab Sleman Ajukan Tambahan Pegawai Sebanyak 700 Formasi

“Saat ini sedang proses pengusulan Nomor Induk Kepegawaian [NIK] ke Pemerintah Pusat,” katanya.

Suryana menjelaskan, untuk seleksi P3K yang diterima sebanyak sebanyak 849 pendaftar. Jumlah ini terdiri dari guru sebanyak 488 orang, tenaga Kesehatan 255 orang dan tenaga teknis sebanyak 106 orang.

Meski demikian, ia mengakui setelah proses pemberkasan dilakukan ada dua orang yang diterima memilih mengundurkan diri. Calon mundur ini berasal dari guru dan tenaga teknis.

“Jadi untuk guru yang diterima hanya 487 pendaftar dan tenaga teknis sebanyak 105 pendaftar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement