Advertisement

Jaga Stabilitas Keamanan Selama Pemilu, Kantor Imigrasi Gelar Rakor Timpora

Media Digital
Senin, 12 Februari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Jaga Stabilitas Keamanan Selama Pemilu, Kantor Imigrasi Gelar Rakor Timpora Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Grand Rohan, Bantul, Senin (12/2/2024). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

BANTUL—Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Grand Rohan, Bantul, Senin (12/2/2024).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Najarudin Safaat menyampaikan jumlah orang asing pemegang izin tinggal di Bantul cukup banyak.

Advertisement

Berdasarkan catatan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta saat ini ada 356 orang pemegang Izin Tinggal Terbatas (Itas); 135 orang pemegang Izin Tinggal Tetap (Itap); dan 12 orang pemegang Izin Tinggal Kunjung (ITK). 

Dia menuturkan pengawasan orang asing menjelang Pemilu diperlukan lantaran ada beberapa kerawanan dengan keberadan orang asing selama Pemilu di Bantul. Beberapa di antaranya orang asing yang turut memilih dalam Pemilu, orang asing yang mengumpulkan masa yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu atau mengintervensi selama proses penyelenggaraan Pemilu. 

“Keberadaan orang asing menjadi bagian yang harus diwaspadai bersama, meskipun mereka tidak boleh memilih, keberadaan mereka sangat berpengaruh ketika mereka berupaya untuk memilih maka akan dilakukan Pemungutan Suara Ulang [PSU],” ujarnya, Senin. 

Dia menyampaikan pihaknya berupaya menggandeng berbagasi stakeholder di Bantul untuk bersama-sama melakukan pengawasan keberadaan dan pergerakan orang asing di Bantul. “Kami berupaya mengumpulkan para stakeholder yang memiliki irisan kewenangan pengawasan orang asing untuk duduk bersama mengantisipasi tingkat kerawanan terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing terkait dengan Pemilu,” katanya.

BACA JUGA: Perkuat Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Rapat Tim Pora

Dia menyampaikan selama ini telah ada Timpora di masing-masing instansi. Melalui tim tersebut, setiap instansi akan menjalankan kewenangannya untuk melakukan pemantauan pergerakan orang asing. “Timpora memiliki agenda untuk rapat bersama, sharing informasi. Karena masing-masing instansi mempunyai data keberadaan orang asing. Ini [data orang asing dari masing-masing instansi] kami sharing, sehingga kami mempunyai data yang lebih komprehensif dan dapat melakukan pengawasan orang asing bersama-sama,” katanya. 

Dengan pengawasan tersebut, dia berharap dapat turut menjaga stabilitas negara selama penyelenggaraan Pemilu 2024. “Kami melakukan rapat pengawasan orang asing dalam rangka antisipasi menjaga stabilitas [penyelenggaraan] pesta demokrasi [atau] Pemilu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Keunggulan Gedung BPJS Kesehatan di IKN

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement