Advertisement

Galeri Kerajinan Seni jadi TPS, Cara Unik Warga Kulonprogo Promosikan UMKM saat Pemilu

Triyo Handoko
Rabu, 14 Februari 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Galeri Kerajinan Seni jadi TPS, Cara Unik Warga Kulonprogo Promosikan UMKM saat Pemilu Suasana TPS 09, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Naggulan, Kulonprogo yang tergolong unik karena berada di galeri kerajinan seni Murakabi Craft dimana warga mengantre pencoblosan, Rabu (14/2/2024). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Naggulan tergolong unik karena lokasinya berada di galeri kerajinan seni, Murakqbi Craft pada Rabu (14/2/2024).

Berbagai kerajinan memeriahkan hajayan demokrasi tersebut seperti hiasan dinding, keranjang, meja, kursi, lampion, dan pernak-pernik kerajinan serat alam lainnya.

Advertisement

TPS 09 dengan daftar pemilih tetap sebanyak 291 orang ini juga tampak ramai oleh warga sekitar yang hendak menggunakan hak pilihnya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga tampak hadir di TPS unik tersebut.

Penggunaan galeri kerajinan seni Murakabi Craft sebagai TPS tersebut juga baru kali ini dilakukan pada Pemilu 2024. “Kebetulan dapat izin dari KPU Kulknprogo lalu diijinkan pemilik galerinya maka kami gunakan, terutama untuk membantu mempromosikan kerajinan serat alam ini dari Naggulan,” kata petugas KPPS TPS 09, Kalurahan Tanjungharjo, Pargono pada Rabu siang.

Pargono menjelaskan kebanyakan warga sekitar TPS juga berprofesi sebagai pengerajin lerajinan seni itu. “Pemilu ini kan momen nasional, jadi kami harap kerajinan kami ini juga terangkat sebagai UMKM dari Kulonprogo,” ungkapnya.

BACA JUGA: TPS Khusus Rutan Wates Kulonprogo Kekurangan Surat Suara, Dibantu TPS Penyangga

Proses desain TPS 09 ini, jelas Pargono, tidak begitu rumit karena tinggal menyesuaikan ruang galeri yang ada. “Tidak rumit semuanya lancar, kami sesuikan dengan tata letak yang ada sehingga tidak banyak mengubah galeri,” terangnya.

Meskipun digunakan sebagai TPS, sambung Pargono, Murkani Craft tetap buka seperti biasa. “Tadi ada pengunjung juga tidak terganggu juga prosesnya, semuanya lancar,” ujarnya.

Seorang warga yang melakukan pemungutan suara pemilu di TPS ini, Rinto Efendi menyebut sangat terhibur dengan lokasi pencoblosannya. “Karena unik dan lapang, sangat menghibur sekali,” tuturnya sambil menunggu giliran mencoblos.

Efendi menyebut dirinya juga kerap mengerjakan kerajinan serat janti di Murakabi Craft. “Baru ini juga ada TPS di sini biasanya di balai padukuhan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sri Mulyani Masuk Bursa Cagub Jakarta, Staf Khusus Sebut Belum Ada Komunikasi

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement