Advertisement

Harga Beras Terus Melonjak, Opsi Operasi Pasar Dipersiapkan

Triyo Handoko
Kamis, 15 Februari 2024 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Harga Beras Terus Melonjak, Opsi Operasi Pasar Dipersiapkan Suasana salah satu toko beras di Pasar Wates yang mengeluhkan harga terus melonjak, Kamis (15/2/2024).Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Harga beras di Bumi Binangun terus melonjak, pada Kamis (15/2/2024) tercatat untuk beras kualitas premium harganya Rp15.500 per kilogramnya sedangkan kualitas medium sebesar Rp14.500. Kondisi kenaikan harga beras ini tengah diantisipasi Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kulonprogo.

Lonjakan harga beras di Bumi Binangun terjadi sejak akhir Januari lalu dimana pada 1 Februari harganya Rp14.200 untuk kualitas premium dan Rp13.100 untuk medium. Harga awal Februari itu melonjak jadi Rp14.600 untuk premium dan Rp13.500 untuk kualitas medium pada 8 Februari.

Advertisement

Disdagin terus memantau harga beras yang melonjak, mempersiapkan opsi lain agar harganya turun dan stoknya kembali stabil. "Sebabnya ini prakiran kami karena stok menipis, lalu ongkos produksi beras seperti pupuk dan benih harganya juga naik," ungkap Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna pada Kamis (15/2/2024).

Meskipun diperkirakan harga beras naik karena dua faktor itu, menurut Sudarna, ada anomali yang terjadi, yakni saat pembagian bansos beras seharusnya harga menjadi stabil. "Kami juga heran apa sebabnya penyebab kenaikannya, karena habis bansos beras juga mestinya tidak ada kenaikan harga karena masyarakat jadi ada stok beras maka permintaan juga akan lebih turun, tapi kenyataanya sebaliknya," terangnya.

Baca Juga

55.919 Warga Kulonprogo Dapat Bantuan Beras dari Pemkab

Produksi Beras di Kulonprogo Surplus 36.905 Ton

Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Dikucurkan, Sasar 57.642 KPM di Kulonprogo

Kondisi harga beras yang terus melonjak, jelas Sudarna, tengah ditangani Disdagin Kulonprogo dengan berkoordinasi dengan Bulog. "Kami sudah koordinasi, direncanakan akan dilakukan operasi pasar, agar harga kembali turun dan stabil," ujarnya.

Rencana operasi pasar untuk mengendalikan harga beras itu, lanjut Sudarna, masih terus dibahas teknisnya. "Terutama kapan akan dilakukan operasi pasar, yang jelas kami usahakan agar saat menghadapi bulan puasa harganya lebih stabil," terangnya.

Lonjakan harga beras dikeluhkan para pedagang di Pasar Wates, salah satunya Tri Widiastuti. "Tiap pekan harganya selalu naik, rata-rata Rp500 kenaikannya tiap minggu per kilogramnya," jelasnya. 

Kenaikan tersebut sangat berdampak ke pedagang, menurut Widiastuti, karena pembeli jadi berkurang. "Pembeli jadi mengurangi jumlah permintaannya, tentu kami jadi turun omzetnya," katanya.

Widiastuti berharap pemerintah dapat segera mengendalikan harga beras tersebut. "Kalau stabil kan lebih enak jualannya, kami juga jadi tempat mengeluhnya pembeli, semoga segera distabilkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement