Advertisement

Satuan Pendidikan Ramah Anak Dideklarasikan Pemkab Kulonprogo

Triyo Handoko
Senin, 19 Februari 2024 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Satuan Pendidikan Ramah Anak Dideklarasikan Pemkab Kulonprogo Suasana deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di Aula Adhikarta yang dihadiri para perwakilan guru dari seluruh sekolah di Kulonprogo , Senin (19/2/2024). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo mendeklarasikan Satuan Pendidikan Ramah Anak pada Senin (19/2/2024). Deklarasi tersebut bertujuan mewujudkan, menjamin, memenuhi, dan menghargai hak-hak dan perlindungan anak di Bumi Binangun.

Satuan Pendidikan Ramah Anak juga diharapkan jadi program yang mendukung Pemkab dalam mengupayakan Kabupaten Layak Anak. Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulonprogo yang menginisiasi deklarasi ini menyebut program tersebut sebagai wujud upaya lintas sektor.

Advertisement

"Sekolah merupakan institusi paling strategis dalam upaya ini. Sebab anak-anak khususnya usia pelajar menghabiskan sebagian besar harinya di sekolah," kata Kepala Dinsos-P3A Kulonprogo, Bowo Pristiyanto pada Senin siang.

Program tersebut merupakan prioritas Dinsos-P3A Kulonprogo, jelas Bowo, agar menjamin  tumbuh kembang anak-anak. "Program ini sangat perlu didorong dan dikembangkan dalam menjamin perlindungan anak. Seluruh komponen pendukung baik sekolah, keluarga maupun lembaga lainnya diharapkan dapat berkolaborasi mewujudkan tumbuh kembang anak yang baik," jelasnya.

Baca Juga

Bantul Perbanyak Fasilitas Ramah Anak untuk Dukung KLA 2024

Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Temu Hati Anak Sleman Kembali Digelar

Kejar Predikat Kabupaten Layak Anak Tahun Depan, Ini PR yang Kudu Dirampungkan Bantul

Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti juga mendorong kolaborasi dan keterlibatan semua pihak terkait dalam penerapan Sekolah Ramah Anak di wilayahnya. "Dengan mengikuti konsep ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, sehat, inklusif, dan berkualitas, serta memastikan pemenuhan hak-hak anak sepanjang proses pembelajaran," tuturnya.

Komitmen menciptakan sekolah yang ramah anak di semua sekolah di Bumi Binangun, menurut Ni Made, bertujuan agar anak-anak merasa aman dan nyaman selama mengenyam masa pendidikan. "Mari saling bersinergi dan berkolaborasi untuk menuju Kabupaten Layak Anak yang lebih baik lagi," terangnya.

Ni Made Berharap pelajar di wilayahnya tidak hanya memiliki pemahaman akademis, tapi juga bagaimana mempersiapkan mereka saat berhadapan dengan kehidupan di masyarakat usai lulus sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh para perwakilan guru dari seluruh sekolah di Kulonprogo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement