Advertisement

Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Temu Hati Anak Sleman Kembali Digelar

Catur Dwi Janati
Kamis, 15 Februari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Temu Hati Anak Sleman Kembali Digelar Suasana Temu Hati Anak Sleman 2024 pada Kamis (15/2/2024) di Balai BBPPM - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dan Forum Anak Sleman resmi menggelar Temu Hati Anak Sleman 2024. Agenda ini menjadi komitmen Pemkab Sleman dalam upaya mengembangkan Program Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, Wildan Solichin menerangkan agenda Temu Hati Anak Sleman sudah digelar sebanyak 14 kali dan rutin setiap tahunnya. Acara ini lanjut Wildan bertujuan memfasilitasi anak Sleman agar menemukan dan mengenali permasalahan-permasalahan pemenuhan hak anak di lingkungannya.

Advertisement

Melalui pelibatan anak dalan kegiatan ini, Wildan berpandangan mereka akan mampu berpikir mengenai persoalan di lingkungannya. Termasuk mampu mengidentifikasi persoalan yang ada untuk didiskusikan bersama.

"Mereka juga memeroleh pengalaman tak ternilai dan pada saatnya mampu berkontribusi dalam proses perencanaan pembangunan Kabupaten Sleman," kata Wildan pada Kamis (15/2/2025) di Balai BBPPM.

Baca Juga

Sleman Raih Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Utama

Kejar Predikat Kabupaten Layak Anak Tahun Depan, Ini PR yang Kudu Dirampungkan Bantul

Tiga Tahun Berturut Mendapat Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama

Tahun ini jumlah peserta yang mengikuti Temu Hati Anak Sleman mencapai 140 orang. Para peserta terdiri dari Sekolah Ramah Anak, Forum Anak Kapanewon dan Kalurahan. Acara ini dilaksanakan selama dua hari yakni 15-16 Februari 2024.

Dari gelaran ini, nantinya akan dipilih 10 Duta Anak Sleman. Selain itu dalam agenda ini juga akan diadakan Deklarasi Suara Anak Sleman yang mencakup penyampaian aspirasi anak dalam proses pembangunan dan meningkatnya kapasitas Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor pemenuhan Hak Anak.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik agenda semacam ini. Menurutnya forum ini akan menjadi momen baik untuk bertemu, menjalin persahabatan, bertukar pengalaman serta membangun jaringan yang lebih luas.

"Saya berharap momentum ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri, mencari pengalaman dan menggali potensi diri melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Temu Hati Anak Sleman ini," tuturnya. 

Bagi Kustini, upaya mewujudkan anak sebagai pribadi tangguh, memperlakukan peran utama banyak pihak antara lain orang tua, sekolah, bahkan pemerintah. Pasalnya dia menilai kualitas generasi masa depan tidak hanya ditentukan dari bangku sekolah saja, melainkan tugas bersama untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

"Kualitas generasi penerus kita tidak hanya ditentukan di sekolah saja, namun tugas kita bersama menciptakan lingkungan yang layak bagi tumbuh kembang anak," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement