Advertisement

Bantul Perbanyak Fasilitas Ramah Anak untuk Dukung KLA 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 17 Januari 2024 - 22:57 WIB
Sunartono
Bantul Perbanyak Fasilitas Ramah Anak untuk Dukung KLA 2024 Foto ilustrasi layanan anak balita. / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul terus menggencarkan fasilitas ramah anak di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2024. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Bantul, Ninik Istitarini mengatakan butuh kerja sama berbagai pihak di Pemkab Bantul untuk menghadirkan fasilitas fisik dan pelayanan ramah anak untuk mendukung penilaian Kabupaten Bantul sebagai kabupaten layak anak tahun 2024. 

Advertisement

BACA JUGA : Hotel Dafam Fortuna Seturan, Hotel Ramah Anak di Jogja

Saat ini fasilitas ramah anak telah ada di hampir setiap kalurahan, kapanewon, hingga OPD Pemkab Bantul. Pemberian fasilitas ramah anak tersebut menurut Ninik sebagai upaya menghadirkan pelayanan ramah anak. Dia menyampaikan beberapa fasilitas ramah anak yang ada di Pemkab Bantul antara lain ruang bermain ramah anak, ruang laktasi dan ruang menstruasi. 

“Di bank, di kantor [ruang publik] tidak menutup kemungkinan ada tamu yang membawa anak, itu [fasilitas ramah anak] diperlukan disana,” katanya saat ditemui di ruangannya, Rabu (17/1/2024). 

Pemkab bekerja sama dengan beberapa CSR untuk menghadirkan ruang bermain ramah anak. Saat ini menurut Ninik, ruang bermain ramah anak telah ada di depan Pemkab Bantul, dan Masjid Agung.  Selain itu menurut Ninik, beberapa pelayanan di puskesmas juga telah dirancang ramah anak. Ada pula beberapa Sekolah Ramah Anak (SRA) di Bantul. 

“Kita melakukan standarisasi puskesmas ramah anak, dan ruang bermain ramah anak. Artinya kita ajukan [fasilitas ramah anak] yang ada, sesuai standar atau tidak, dan bagaimana kebermanfaatannya,” katanya. 

Hingga saat ini menurut Ninik belum seluruh pihak di Pemkab Bantul menyediakan fasilitas ramah anak, meski begitu pihaknya mendorong agar fasilitas tersebut tersedia. Penyediaan fasilitas tersebut menurutnya akan untuk mendukung penilaian KLA tahun ini. 

BACA JUGA : Hebat! Dipimpin Polwan Polsek Pleret Diganjar Penghargaan sebagai Polsek Ramah Anak

Dia pun berharap semakin banyak OPD di Pemkab Bantul yang memiliki inovasi pelayanan ramah anak untuk mendukung KLA. “Semua bidang harus mendukung [kabupaten layak anak],” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement