Advertisement

Terpilih Jadi Ketua Umum, Marsda Purwoko Targetkan MPI Ikut PON 2028

Yosef Leon
Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:37 WIB
Ujang Hasanudin
Terpilih Jadi Ketua Umum, Marsda Purwoko Targetkan MPI Ikut PON 2028 Suasana musyawarah nasional (Munas) Modern Pentathlon Indonesia (MPI) yang digelar selama dua hari Jumat dan Sabtu (23-24/2 - 2024) di Jogja. ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Marsekal Muda (Marsda) TNI Purwoko Aji Prabowo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia (MPI) periode 2024-2028 dalam musyawarah nasional yang diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu (23-24/2/2024) di Jogja. 

Marsda Purwoko dalam visi misinya mengaku ingin membangun soliditas organisasi terlebih dahulu baik antara pengurus pusat maupun pengurus daerah. Menurutnya hal ini penting dilakukan pertama kali jika ingin MPI maju dan meraih prestasi di kancah nasional maupun internasional. 

Advertisement

"Yang selanjutnya saya juga ingin melaksanakan program pembinaan atlet dan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang prestasi," katanya, Sabtu (24/2/2024). 

Marsda Purwoko yang juga menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Jogja itu mengaku dalam waktu dekat dirinya akan membentuk pengurus inti yang akan mendampingi dirinya menjabat selama empat tahun ke depan. Rencananya dua dari perwakilan provinsi, satu pengurus lama dan satu orang lainnya dari orang yang sering membersamainya. 

"Kita akan konsolidasi organisasi dulu untuk mengakrabkan dan merekatkan serta mengharmonisasasikan seluruh pengurus baik yang dari pusat maupun daerah. Kemudian berikutnya lagi kita punya AD/ART akan kita perbaiki ulang semoga bisa menjadi patokan atau pedoman untuk ke depan," jelasnya. 

Menurutnya, target yang diinginkan untuk MPI ke depannya bisa tampil di penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejalan dengan itu kepengurusan tingkat provinsi pun akan segera dibentuk di sejumlah wilayah agar bisa bergabung menjadi anggota KONI. 

BACA JUGA: Persiapan PON XXI/2024, Ratusan Atlet DIY Masuk Puslatda

Pengprov saat ini sudah ada 12 dan kita targetkan bisa tambah delapan daerah lagi, kan minimal 20, itu syarat minimal untuk jadi anggota KONI dan ikut serta dalam PON. Kita udah lihat dan survei beberapa target daerah yang mau dibentuk," ujarnya. 

Misalnya saja NTB dan NTT yang nantinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2028. Selain itu juga Jawa Timur, Maluku, Sulawesi Utara dan sejumlah provinsi baru yang sudah terbentuk di Indonesia. 

"Berikutnya lagi kita ada target ke depan agar bisa ikut serta juga dalam SEA Games dan Asean Games. Makanya kita akan siapkan atlet, menjaring atlet, juri, pelatih dan cek ulang sertifikasi serta mengadakan beberapa kegiatan lainnya," kata dia. 

Dalam waktu dekat MPI juga bakal menggelar sejumlah event pertandingan untuk wadah atlet berkompetisi. Pada 12 April sejumlah atlet sudah didaftarkan untuk berkompetisi di Korea, kemudian juga di Bangkok serta Lithuania. 

"Ini jadi salah satu upaya kita untuk memperkuat keberadaan atau eksistensi MPI. Kita juga akan kolaborasi karena pentathlon ini merupakan olahraga aslinya militer makanya kita akan galang dari beberapa kegiatan yang mungkin TNI bisa bersama-sama dengan kita," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement