Advertisement

Jogja Tergenang Air Saat Hujan Deras, Saluran Air Lama Belum Disesuaikan

Lugas Subarkah
Senin, 26 Februari 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Jogja Tergenang Air Saat Hujan Deras, Saluran Air Lama Belum Disesuaikan Ilustrasi kondisi Kali Belik. - Harianjogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saat hujan deras pada Minggu (25/2/2024) lalu, genangan air terjadi di sejumlah titik di Kota Jogja.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Agus Tri Haryono menuturkan terjadinya genangan di Kota Jogja disebabkan selain curah hujan tinggi, juga masih banyak saluran air hujan (SAH) eksisting yang lama yang belum disesuaikan dengan perkembangan lahan di Kota Jogja

Advertisement

“Perkembangan lahan di Kota Jogja sangat masif, sehingga perlu memperhitungan sekala kawasan. Kedua, sedimentasi drainase sehingga air tidak lancar. Ini perlu pembersihan, perlu pelumpuran, mungkin secara periodik berapa bulan sekali. Ketiga kondisi topografi daerah yang ada pada cekungan, sehingga kesulitan mengalirkan limpasan ke sungai,” ujarnya.

Dalam jaringan drainase, Kota Jogja menerapkan low impact development atau drainase lestari, dengan ditunjang infrastruktur pendukung seperti embung, ruang terbuka hijau dan sumur resapan. “Jalur drainase setiap 10 meter ada SPAH [Sistem Pemanfaatan Air Hujan]. Diameter 80 cm, menggunakan bis beton kedaplaman 2-4 meter,” katanya.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Deras sejak Siang, Sejumlah Titik di Solo Tergenang Air

Untuk menjaga fungsi drainase, pihaknya berkoordinasi dengan UPT Limbah dan Bidang Permukiman agar jangan sampai air limbah dimasukkan ke drainase. “Penertiban dilakukan Satpol PP. Seperti kemaren di kawasan tugu, saluran diisi dengan yang bukan semestinya,” ungkapnya.

Disamping itu, pemeliharaan rutin dan incidental juga terus dilakukan untuk mempertahankan keandalan drainase. “Layanan drainase, pemeliharaan, pelumpuran, perbaikan rutin, rehabilitasi SPAH dan SAH, insidentil kita lakukan perbaikan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Kunjungi Uni Emirat Arab, Kenalkan Gibran ke Presiden MBZ

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement