Advertisement

Pembangunan Tol Jogja-Solo: Ritual Digelar di Karang Bajang Sleman, Libatkan Abdi Dalem Kraton

Lugas Subarkah
Sabtu, 02 Maret 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
Pembangunan Tol Jogja-Solo: Ritual Digelar di Karang Bajang Sleman, Libatkan Abdi Dalem Kraton Warga bersama PT Adhi Karya menggelar upacara selamatan, di Karangbajang, Tlogoadi, Mlati, Sabtu (2/3/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebuah ritual selamatan lengkap dengan berbagai uba rampe dan melibatkan abdi dalem Kraton Ngayogyokarta Hadiningrat digelar di Tegalan wilayah Karang Bajang, Kalurahan Tlogoadi, Mlati, Sleman, Sabtu (2/3/2024). Upacara ini untuk melancarkan pembangunan jalan tol Jogja-Solo yang melintasi lokasi tersebut.

Prosesi selametan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Sejumlah warga mengenakan batik lurik, diikuti juga oleh beberapa perangkat dukuh, kalurahan, perwakilan PT Adhi Karya dan dipimpin oleh abdi dalem Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat.

Advertisement

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Terganjal Sertifikat Tanah Warga Terdampak Jadi Agunan Bank

Mereka terlihat duduk mengelilingi uba rampe yang ditata memanjang di atas tikar, di sebuah jalan konblok. Jalan tersebut sudah tidak dipakai lagi karena perkampungan di sekitarnya sudah ditinggal penghuninya untuk pembangunan tol Jogja-Solo.

Diawali dengan sambutan-sambutan dari perwakilan masing-masing pihak, prosesi selametan dilanjutkan dengan doa bersama dengan tata cara Jawa-Islam, kemudian puncaknya mengubur beberapa uba rampe di tempat yang sudah disediakan.

Abdi Dalem Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Mas Penewu Nala Prasetya, menjelaskan kegiatan ini merupakan sebuah doa untuk mengawali pembangunan tol Jogja-Solo. “Terdiri ada nasi gurih, ingkung, tumpeng dan lain sebagainya untuk memohon keselametan,” katanya.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo: 3 Bidang Lahan di Tamanmartani Sleman Belum Bisa Dibebaskan, Ternyata Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement