Advertisement

Saluran Air Banyak yang Rusak, Empat Pasar di Kulonprogo Ini Direhabilitasi

Triyo Handoko
Kamis, 07 Maret 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Saluran Air Banyak yang Rusak, Empat Pasar di Kulonprogo Ini Direhabilitasi Pedagang tahu menunjukkan dagangan tahunya yang mengalami penyusutan ukuran pada Rabu (25/3/2020) di Pasar Wates, Kapanewon Wates. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak empat pasar di Bumi Binangun akan direhabilitasi pada 2024 ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) sekitar Rp3 miliar. Pilihan rehabilitasi di empat pasar ini berdasarkan urgensinya untuk meningkatkan layanan perdagangan di Kulonprogo.

Empat pasar yang akan direhabilitasi itu adalah Pasar Wates, Pasar Jombokan, Pasar Pripih, dan Pasar Kasihan. Rehabilitasi pasar ini dikelola Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kulonprogo dengan anggaran paling banyak diterima Pasar Wates dengan besaran Rp2,15 miliar.

Advertisement

Sementara Pasar Jombokan, Kalurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih direhabilitasi dengan anggaran Rp340 juta. Dimana rehabilitasi yang akan dilakukan dengan memperbaiki drainase dan toilet.

Lalu Pasar Pripih, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap menghabiskan anggaran Rp165 juta dimana dengan memperbaiki drainase los daging yang kerap tersumbat. Sementara Pasar Kasihan, Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah dianggarkan Rp170 juta juga untuk rehabilitasi drainase.

BACA JUGA: Ini Kata Pakar Kesehatan soal Vape Jadi Alat Berhenti Merokok

"Saluran drainase di empat pasar yang akan direhabilitasi ini memang mendesak diperbaiki, jika tidak sangat mengganggu proses jual-beli di sana. Seperti di Pasar Kasihan ini mudah kebanjiran jika hujan deras karena drainasenya belum maksimal," jelas Ketua Tim Sub Kegiatan Penyediaan Sarana Distribusi Perdagangan, Disdagin Kulonprogo, Dwi Sarmiayti Ningsih, Kamis (7/3/2024).

Tahapan rehabilitasi empat pasar itu masih dalam konsultasi dan kajian. "Pengerjaan fisiknya nanti dengan sistem lelang," kata Sarmiayti yang akrab disapa Mia ini.

Mia menjelaskan pengerjaan empat pasar pada 2024 di Bumi Binangun diharapkan didukung seluruh pedagang. "Rehabilitasi ini penting sehingga mesti didukung bersama, jangan dianggap sebagai gangguan di pasar. Kami juga meminta agar para pedagang turut menjaga fasilitas yang ada agar awet," katanya.

Kepala Bidang Sarana Perdagangan Disdagin Kulonprogo, Agus Suryanto menjelaskan dari total jumlah pasar 26 dipilih empat pasar yang direhabilitasi berdasarkan skala prioritas. "Anggaran yang ada terbatas sehingga harus dipilih yang paling mendesak dan prioritas," jelasnya.

Agus menyebut program rehabilitasi pasar ini adalah bentuk upaya Pemkab Kulonprogo untuk meningkatkan pelayanan perdagangan. "Mendrog pasar tradisional terus eksis dan diminati luas,agar mendorong kesejahteraan masyarakat juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerjasama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement