Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional hingga Exit Toll Ngawen Klaten untuk Mudik Lebaran 2024, Cek Persiapannya!

Sunartono
Selasa, 12 Maret 2024 - 15:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional hingga Exit Toll Ngawen Klaten untuk Mudik Lebaran 2024, Cek Persiapannya! Tangkapan layar gerbang tol Karanganom, Klaten. - Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Solo akan segera dioperasikan secara fungsional dalam waktu dekat ini khususnya saat mudik Lebaran 2024. Sejumlah persiapan pun dilakukan untuk menyongsong operasional tol Jogja-Solo fungsional tersebut.

Salah satu persiapan di antaranya para pemangku kepentingan melakukan peninjauan di sepanjang jalan tol Jogja-Solo. Di antaranya Direktur Utama Suchandra P Hutabarat didampingi Pemimpin Proyek Muhammad Ahdal Masruhin dan dihadiri pula oleh jajaran direksi PT. Adapun dari Jasa Marga Tollroad Operator beserta tim yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT. JMTO Yoga Tri Anggoro. Tinjauan lapangan itu dilakukan pada 29 Februari 2024 laku.

Advertisement

BACA JUGA : Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo saat Mudik Lebaran Hanya 22 Km, Begini Mekanisme dan Lokasi Exit Tolnya

"Tinjauan lapangan dimulai dari STA 00+000 sampai dengan STA 22+300 dalam rangka memastikan kesiapan dan kesuaian sarana dan prasarana jalan tol Jogja Solo sebelum dioperasikan dalam waktu dekat, tak ketinggalan gerbang – gerbang tol menjadi target tinjauan oleh tim PT. Jasa Marga Tollraod Operator," tulis akun Instagram @jasamargajogjasolo.

Tol Jogja-Solo Seksis 1.1 ini ditargetkan akan segera dioperasikan untuk umum di 2024. Oleh karena itu persiapan pelaksanaan operasional terus dilakukan guna memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sesuai regulasi yang ada, sehingga pada target waktu yang ditentukan nanti PT.

"Jasamarga Jogja Solo mampu memberikan pelayanan pengoperasian jalan tol yang melampaui harapan pengguna jalan tol".

Kesiapan Fisik

Adapun dari sisi fisik pembangunan juga terus dikebut, khususnya untuk ruas terbaru yang belum pernah diujicobakan untuk jalan tol jogja-solo fungsional sebelumnya yaitu sampai di exit toll Ngawen-Klaten.

Adapun fisik untuk ruas Kartasura-Karanganom secara umum nyaris rampung, sudah terpasang pagar pengaman samping kiri dan kanan serta pagar pembatas bagian tengah dalam proses penyelesaan. Exit Toll Karanganom atau Simpang Susun Karanganom sebelum telah dioperasikan pada arus mudik dan balik Natal 2023 lalu.

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Terganjal Sertifikat Tanah Warga Terdampak Jadi Agunan Bank

Berdasarkan video yang diunggap Youtube Wong Gunung, saat ini secara umum seluruh kawasan simpang susun Karanganom telah dicor rigid.

Para pemudik dari arah Simpang Susun Kartasura, setibanya di Simpang Susun Karanganom, menuju Jogja ambil jalur lurus menuju ke Exit Toll Ngawen, kemudian ambil jalur ke kiri jika akan menuju Exit Tol Karanganamom atau jalan Jogja-Solo di wilayah Karanganom, Klaten.

Sedangkan kondisi fisik untuk ruas Karanganom menuju exit toll Ngawen saat ini dalam proses dikebut pengerjaannya. Salah satu di exit toll Ngawen yang dalam proses pengecoran.

Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin memastikan adany penambahan panjang ruas yang tol Jogja-Solo fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru lalu. Rencananya para pemudik dari Solo bisa sampai di exit toll Ngawen, Klaten,

"Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin. Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Jogja lebih besar dibanding pada saat Nataru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement