Advertisement

Pembukaan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-JC Sleman Ditarget Capai 70% Sebelum Lebaran

Catur Dwi Janati
Rabu, 13 Maret 2024 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Pembukaan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-JC Sleman Ditarget Capai 70% Sebelum Lebaran Aktivitas recompact timbunan STA 57625 di salah satu lokasi penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa/PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembukaan lahan atau area clearing calon lahan pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman terus dikebut selama Ramadan. Hingga sebelum Lebaran nanti, kontraktor menargetkan lahan pembangunan tol bisa dibuka hingga 70%.

"Iya [target 70 persen], kami clearing semua, clearing yang sudah dibayar itu. Mungkin ada 2-3 yang belum menerima uang ganti rugi [UGR] mungkin diusahakan sampai Lebaran ini," kata Humas PT. Adhi Karya selaku kontraktor proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto, Rabu (13/3/2024).

Advertisement

Cakupan lahan yang akan dibuka membentang dari Tirtoadi hingga Trihanggo. Bentangan itu tidak termasuk area Ring Road yang masih digunakan untuk lalu lintas kendaraan. "Iya dari Tirtoadi melewati Tlogoadi terus sama Trihanggo. Trihanggo di luar Ring Road lho ya," ujar dia.

Agung memperkirakan luasan lahan yang telah dibuka saat ini baru mencapai lima%. Salah satu lokasi yang jadi sasaran pembukaan lahan yakni di sekitar Sungai Bedog, Trihanggo. "Kalau sekarang ya sekitar lima persen sudah terbuka itu. Kemarin habis sugengan [syukuran] itu terus langsung dibuka lah, ini baru nebangin pohon-pohon bambu," ujar dia.

Target area clearing ini, kata dia, terbilang cukup masif, dari angka 5% saat ini ke arah 70% pada Lebaran nanti. "Iya nanti kan output clearing-nya 70 persen sebelum libur Lebaran," ungkapnya.

BACA JUGA: Progres Pembangunan Tol Joga-Bawen Seksi 1 Capai 50 Persen Lebih, Ini Detail Strukturnya

Tanah yang sudah dibebaskan sejatinya sudah cukup banyak. Hanya saja belum semuanya dapat dibuka. Masih terdapat bekas-bekas rumah yang telah dibebaskan namun menunggu untuk diratakan.

"Sudah ada yang dibongkar, yang di Karang Bajang sama di Nglarang itu sudah dibongkar-bongkar tapi belum dirobohkan. Kita alatnya masih masuk yang ke pinggir sungai dulu. Ke yang lebih sulit medannya," terangnya.

Dua eskavator diterjunkan di area Sungai Bedog untuk berfokus melakukan clearing lahan di sana. Bangunan yang telah ditinggal pemiliknya dirobohkan dinding-dingingnya hingga rata. Setelah itu bangunan yang sudah ambruk diratakan dengan tanah untuk selanjutnya ditimbun dengan material timbunan. "Kami timbun lagi nanti. Kami kasih timbunan," ungkapnya.

Agung menegaskan dalam waktu beberapa pekan ke depan, pembongkaran bangunan di proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 bisa dibereskan. "Tetapi pasti nanti 2-3 minggu ini sudah pasti sudah beres semua lah," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Cermati Nama-nama Calon Pansel KPK Sebelum Diumumkan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement