Advertisement

DKP GK Ajukan Permohonan Bantuan Kapal untuk Optimalkan Tangkapan Ikan

Newswire
Senin, 18 Maret 2024 - 11:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
DKP GK Ajukan Permohonan Bantuan Kapal untuk Optimalkan Tangkapan Ikan Proses pembangunan kolam pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Senin (31/7/2023). - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seiring dengan meningkatnya jumlah tangkapan ikan di Gunungkidul dan beroperasinya Pelabuhan Perikanan Pantai Gesing, Dinas Kelautan dan Perikanan setempat mengusulkan permohonan bantuan armada dan alat tangkap berupa mesin, jaring dan toolkit ke Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Wahid Supriyadi di Gunungkidul, Senin, mengatakan produksi ikan tangkap di Gunungkidul pada 2022 sebanyak 3.941 ton dan 2023 sebanyak 4.166 ton. "Untuk mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap, kami mengusulkan bantuan armada dan alat penangkap ikan berupa mesin, jaring, dan toolkit DIY dan Pusat," kata Wahid.

Advertisement

Ia mengatakan produksi ikan tangkap akan meningkat seiring beroperasinya Pelabuhan Perikanan Pantai Gesing. Pelabuhan ini bisa menampung kapal-kapal besar seperti ukuran 10 grooston (gt).

"Kami berharap Pelabuhan Gesing bisa beroperasi sehingga hasil tangkapan ikan lebih banyak lagi. Hal ini dikarenakan pelabuhan lebih luas dan memadai untuk berlabuh berbagai jenis kapal dengan ukuran yang besar," katanya.

Baca Juga

Wisata Pantai Gesing Kian Berkembang, Usulan Dana untuk TPS 3R Justru Ditolak Pemda

Dibangun Pelabuhan, Kunjungan di Pantai Gesing Turun Drastis

Hari Ini Pelabuhan Gesing di Gunungkidul Dibuka untuk Uji Coba

Wahid juga mengatakan DKP Gunungkidul memfasilitasi kelompok nelayan untuk pemasangan rumpon laut dalam ke DKP DIY juga dilakukan pada beberapa titik, seperti di Sadeng dan Pantai Ngandong.

"Kami juga melakukan pembinaan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan. Harapannya nelayan semakin sejahtera," katanya.

Sebelumnya, Wahid mengatakan DKP memberikan pelatihan kepada 20 nelayan pemulam DKP Gunungkidul berupaya menyiapkan nelayan supaya menguasai teknologi ikan tangkap. Hal ini bertujuan pada saat pengoperasian Pelabuhan Gesing, mereka tidak hanya menjadi penonton, tapi pelaku.

Potensi perikanan pantai selatan di Gunungkidul sangat tinggi, sehingga nelayan dipersiapkan secara optimal. Saat ini, total nelayan di Gunungkidul sebanyak 2.276 orang. Mereka harus dibekali teknologi penangkapan ikan, sehingga mereka profesional.

"Untuk itu, kami melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi para nelayan lokal agar warga atau nelayan lokal tidak hanya sekedar menjadi penonton saja dengan potensi daerah yang dimiliki," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement